Tanjung Redeb  (ANTARA News Kaltim) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menilai sepanjang tepian Jalan Jenderal Ahmad Yani Tanjung Redeb Kabupaten Berau Kalimantan Timur merupakan daerah yang potensial sebagai penunjang wisata.

"Banyak daerah lain yang sudah mengelola kawasan serupa menjadi pusat wisata menarik, dengan catatan perlu ditingkatkan lagi penataannya. Ini sudah bagus tapi masih perlu dibenahi lagi seperti penyeragaman dan penataan tempat yang lebih baik lagi," ungkap Mari saat berkunjung ke Tepian bersama rombongan dan sejumlah pejabat Berau, Senin.

Sebagai pusat kunjungan masyarakat, ujarnya, Tepian bisa menjadi sumber wisata dengan penghasilan tersendiri dan daya tarik lain dari Berau, khususnya dalam kota bagi tamu luar daerah.

Setiap daerah yang memiliki tepian sungai maupun laut, menurutnya, perlu menata ruang potensial itu menjadi sumber ekonomi baru.

Bersama Bupati Berau Drs Makmur HAPK MM, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Hj Rohaini MM, usai welcome Party di Balai Mufakat, Menteri Pariwisata melihat secara langsung pusat keramaian di Tanjung Redeb tersebut.

Sambil menyantap hidangan yang disajikan, Menteri Mari Pangestu menyarankan agar ada penataan yang lebih baik lagi.

Saat ini sudah ada rencana untuk menyeragamkan seluruh pedagang di tepian dan hal itu diyakini mampu menambah daya tarik kawasan tepian menjadi pusat wisata kuliner dalam kota.

"Tidak hanya itu, kebersihan kawasan juga diingatkan agar terus dijaga. Kebersihan itu penting untuk satu kawasan wisata," kata Menteri Mari Elka Pengestu.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Berau Rohaini menyebutkan kawasan tepian saat ini disasar menjadi satu titik wisata kuliner andalan Berau khusus dalam kota.

"Dengan program itu kita menyiapkan penataan lebih baik untuk kawasan ini, salah satunya menyeragamkan pedagang yang ada," ujarnya.  (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012