Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kalimantan Timur Hetifah Sjaifudian membeberkan sejumlah program pada Komisi X untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 sekaligus penerapan normal baru.


"Sejumlah bantuan untuk penanganan pandemi ini antara lain pemberian APD, reagen, masker. Kemudian bantuan untuk para relawan, atlet, dan bantuan khusus untuk objek wisata yang akan mulai dibuka dengan protokol ketat saat new normal," ujar Hetifah dihubungi dari Samarinda, Kamis.

Hetifah yang merupakan Wakil Ketua Komisi X dengan membawahi bidang pendidikan, periwisata, ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga ini juga berharap terdapat komunikasi yang erat antara pusat dan daerah terkait isu-isu pada bidang-bidang tersebut.

Misalnya yang sedang ramai dibicarakan publik terkait new normal di bidang pendidikan. Dalam hal ini ia menegaskan pihak terkait di Provinsi Kaltim untuk mempersiapkan segala sesuatunya jika sekolah dibuka, baik kesiapan dari orang tua, guru maupun sekolah.

"Sebaiknya berbagai aspirasi di kabupaten/kota dapat dengan lancar diteruskan kepada kami secara hotline. Harapannya adalah untuk membantu pemerintah pusat dalam memutuskan kebijakan," tuturnya.

Sehari sebelumnya, saat menggelar reses bersama secara virtual dengan Pemprov Kaltim dan kabupaten/kota, ia juga menyatakan hal yang sama, termasuk koordinasi erat dengan pihak terkait untuk memastikan bahwa program-program pemerintah pusat sampai ke mereka yang membutuhkan di daerah.

Pertemuan tersebut membahas mengenai sinkronisasi kebijakan pusat dan daerah, terutama di masa pandemi mulai dari isu terkait bidang pertanian, perhubungan, pendidikan, pariwisata dan ekonomi.

Selain Hetifah, Anggota DPR yang hadir dalam rapat ini antara lain Awang Faroek, Rudy Mas’ud, Budisatrio Djiwandono, dan Irwan Fecho. Hadir juga Hadi Mulyadi selaku Wakil Gubernur Kaltim dan Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK.

Hetifah Sjaifudian yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi berbagai jenis pertemuan seperti ini di masa pandemi, untuk mencegah penularan.

"Saya ingin peran anggota DPR RI untuk konstituennya lebih maksimal, terutama di suasana penuh ketidakpastian seperti ini. Sekarang banyak informasi baru baik dari sisi kebijakan maupun anggaran yang perlu disampaikan guna mendapat masukan dari daerah," ujar Hetifah.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020