Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud (AGM) menyerahkan bantuan tunai kepada 147 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban kebakaran di seputar Pelabuhan Speedboat Penajam, Kecamatan Penajam, guna meringankan beban mereka.



"Penyerahan bantuan tunai dari pemerintah daerah ini merupakan komitmen kami dalam membantu warga terdampak hingga pasca kebakaran. Semoga bantuan yang telah diserahkan secara simbolis ini bisa bermanfaat bagi penerimanya," tutur AGM di Penajam, Kamis.

Nilai bantuan tunai yang diberikan kepada para korban bervariasi, tergantung pada jenis kerusakannya, termasuk jenis bangunan yang terbakar tersebut dijadikan tempat usaha masyarakat setempat yakni nilai bantuan di kisaran Rp3,5 juta hingga Rp6 juta per KK.

Rincian nilai bantuan yang diserahkan adalah untuk usaha kategori I senilai Rp3,5 juta, usaha kategori II senilai Rp4,5 juta, usaha kategori III Rp6 juta, jenis usaha warung Pelabuhan Klotok Rp5 juta, sewa rumah sebesar Rp6 juta, dan untuk rumah pribadi yang rusak ringan Rp6 juta.

Dalam kesempatan itu ia sekaligus memberikan informasi awal kepada warga tentang rencana Pemkab PPU yang akan menata ulang di kawasan eks terbakar tersebut, mengingat kawasan ini merupakan pintu gerbang masuk kabupaten sehingga harus terlihat rapi.

Sampai saat ini, lanjut dia, Pemkab PPU juga masih fokus dalam rencana melakukan relokasi di kawasan eks kebakaran, yakni dengan melakukan pendataan kepada para warga dan mengumpulkan administasi lainnya.

"Pendataan dan urusan administrasi dilakukan oleh tim di lapangan yang telah ditunjuk untuk melakukan pendataan pasca kebakaran. Jadi dalam kesempatan ini, kami sekaligus melakukan sosialisasi mengenai rencana relokasi agar nanti berjalan sesuai dengan harapan bersama," ujarnya.

Untuk rencana relokasi ini, lanjut AGM, pemerintah daerah telah menyiapkan dua tempat untuk warga dengan harapan seluruh warga yang terdampak bisa dilakukan relokasi, sehingga ke depan wilayah yang ada sekarang akan ditata ulang sesuai dengan master plan, mengingat kawasan ini merupakan pintu gerbangnya Kabupaten PPU.

Sebelumnya, dalam penyerahan bantuan itu AGM didampingi oleh Wakil Bupati PPU Hamdam, Ketua DPRD PPU Jhon Kenedy, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ahmad Usaman, dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020