Kampung Dongeng Kabupaten Paser membentuk tim  relawan pendongeng di 10 kecamatan guna menggiatkan budaya gemar membaca sejak usia dini.

"Saat ini sudah terbentuk di 10 kecamatan di antaranya di Kecamatan Kuaro, mereka sudah aktif melakukan kegiatan ke sekolah-sekolah," kata Ketua Kampung Dongeng Paser, Kasrani, Kamis (13/5).

Ia mengatakan saat ini sudah ada 22 pendongeng yang aktif di berbagai kegiatan, mereka berasal dari bermacam-macam profesi seperti guru, polisi dan tenaga kesehatan. para  relawan pendongeng  tersebut masih membutuhkan jam terbang atau pengalaman lebih banyak.

“Makanya kami nanti mau perbanyak workshop bagi pendongeng, meskipun sebagian  dari mereka sudah ada yang memiliki banyak pengalamannya," katanya.

Wakil Ketua Kampung Dongeng Paser Sulistyo Joko Purnomo mengatakan saat ini  sudah ada delapan sekolah yang bekerjasama untuk kegiatan dongeng setiap pekannya.

"Mereka memiliki komitmen untuk menggiatkan budaya literasi di sekolah,"ujar Joko.

Bahkan katanya ada sekolah di Kecamatan Muara Komam yang sudah menindaklanjutinya berupa kerjasama dengan perusahaan dan diharapkan di Kecamatan lainnya bisa juga melakukan hal yang sama dan mengembangkan Kampung Dongeng di daerahnya masing-masing.

Joko berharap budaya literasi anak terutama mendongeng dapat ditumbuhkan sejak dini. Hal tersebut tidak lepas dari dukungan orang tua dan beberapa orangtua  sudah ada yang dilibatkan dengan diberikan pelatihan cara mendongeng.

"Terutama di sini ada peran orang tua sehingga kegiatan mendongeng bisa mulai dipraktekan di rumah," ujarnya. (Adv/MC Kominfo Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020