Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur menyiapkan bilik sterilisasi di tempat-tempat umum dalam upaya mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Arnold Wayong saat dihubungi di Penajam, Kamis, mengatakan pemerintah kabupaten memesan 100 bilik sterilisasi dari Kota Surabaya, Jawa Timur, untuk dipasang di fasilitas-fasiltas umum.

Ia menjelaskan, bilik sterilisasi yang dipesan dari Kota Surabaya telah dilengkapi dengan disinfektan yang aman bagi kulit.

"Disinfektan yang terdapat dalam bilik sterilisasi yang akan dipasang di titik-titik keramaian masyarakat itu relatif lebih aman," katanya.

Menurut dia, 48 dari 100 unit bilik sterilisasi yang dipesan dari Kota Surabaya sudah tiba di Kantor Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Pengopersian bilik sterilisasi masih menunggu teknisi dari Surabaya dan sisa bilik yang belum tiba, agar pengopersian dapat dilakukan serentak" katanya.

"Dengan kondisi saat ini, kami tidak bisa menargetkan kapan tibanya, tapi kabarnya sudah berangkat dari Surabaya," ia menambahkan.

Ia mengatakan, bilik sterilisasi nantinya antara lain akan dipasang di Kantor Bupati Penajam Paser Utara, pasar, terminal, pintu masuk pelabuhan, serta rumah dinas bupati dan wakil bupati.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020