Camat Long Hubung, Kabupaten Mahakam Ulu, daerah yang berbatasan darat dengan negeri jiran, Malaysia bagian timur, ikut terjun bersama relawan desa melakukan penyemprotan disinfektan sekaligus edukasi mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID19).

"Di kecamatan ini ada 11 kampung (desa) dan semuanya sudah melakukan penyemprotan disinfektan yang secara serentak diawali pada 31 Maret lalu, namun secara berkala masih berlanjut hingga sekarang," ujar Camat Long Hubung, Yulia Djiu Hong di Long Hubung, Jumat.

Sejumlah lokasi yang telah dan secara berkala dilakukan penyemprotan cairan disinfektan adalah fasilitas umum dan rumah penduduk. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) alias COVID-19. 

Dipimpin Camat Long Hubung bersama petinggi kampung (kepala desa) dan aparatut kampung, mereka turun langsung bersama relawan dan Tim Gerak Cepat (TGC) Puskesmas Long Hubung, Linmas, dan sejumlah masyarakat yang juga turut membantu melakukan penyemprotan.

 Saat giat serentak yang dilanjutkan penyemprotan secara berkala itu, penyemprotan cairan disinfektan dimulai dari pukul 10 pagi di ibu kota kecamatan, yakni di Kampung Long Hubung yang dipusatkan di halaman Balai Adat Kampung Long Hubung.

Dalam kesempatan itu Yulia Djiu mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan karena adanya pandemi COVID-19 dan sesuai dengan instruksi Bupati Mahulu, guna mencegah penularan virus Corona.

"Sesuai arahan bupati, kami bergerak bersama-sama dan langsung menyebar melakukan penyemprotan di rumah warga, tempat-tempat tertentu, dan fasilitas umum. Untuk alat pelindung diri hingga bahan disinfektan telah disiapkan oleh TGC Puskesmas Long Hubung," ujarnya.

TGC menyiapkan disinfektan karena petugas kesehatan ini lebih mengetahui takaran untuk campuran bahan disinfektan, sehingga tinggal pihaknya yang melakukan penyemprotan ke sejumlah lokasi. Giat ini juga akan terus dilanjutkan berkala hingga keadaan dinyatakan aman.

Tugas relawan di masing-masing kampung bersama TGC Puskesmas, lanjut Yulia, bukan hanya melakukan penyemprotan, tapi juga menyiapkan tempat untuk cuci tangan baik menggunakan sabun maupun hand sanitizer.

"Tim juga melakukan edukasi ke masyarakat tentang cara-cara menghindari penyebaran virus Corona, seperti harus sering cuci tangan, jangan ke luar rumah kecuali sangat penting dan harus memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, serta menghindari pertemuan yang melibatkan orang banyak," ucap Yulia.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020