Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi seluler Telkomsel memperkirakan selama Ramadan dan Idul Fitri 1441 Hijriah ini lalu lintas telekomunikasi seluler menggunakan broadband atau pita lebar akan meningkat hingga 20 persen dibandingkan di luar momen tersebut.


Pada saat yang sama, penggunaan pesan pendek dan telepon langsung justru akan menurun.

“Sebab masyarakat kita semakin terbiasa memanfaatkan layanan broadband dan digital dengan menggunakan telepon pintar atau perangkat lain seperti komputer,” kata General Manager Network Operation dan Quality Management Regional Kalimantan Rahmad Putra Jaya, Kamis.

Selain itu imbauan pemerintah untuk tidak mudik sebab wabah COVID-19 juga menjadi sebab.

Dengan aplikasi seperti whatsapp, atau telegram, line, messenger, dan berbagai aplikasi lainnya, ditambah kecepatan jaringan internet yang dimungkinkan karena menggunakan broadband, panggilan video menjadi sangat mudah.

Artinya bersilaturahmi, yang jadi satu kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri, tetap bisa dilakukan walaupun tidak bisa bertemu langsung.

Untuk mengatasi lonjakan lalu lintas komunikasi tersebut, jelas Rahmad, Telkomsel di seluruh Indonesia telah menambah hingga 11 ribu Base Transceiver Station (BTS atau menara telekomunikasi) dengan kualitas sinyal 4G.

Masih ada lagi 69 mobile BTS (BTS bergerak) yang bila diperlukan dapat digeser ke kawasan tertentu.

BTS-BTS tersebut melayani 436 Point of Interest (POI) atau titik atau kawasan di mana pelanggan banyak terdapat.

“Terutama di 309 area pemukiman di seluruh Indonesia, dan termasuk juga di Kalimantan, terutama di kota-kota besar seperti Banjarmasin, Samarinda, Balikpapan, Pontianak, Palangkaraya, Tarakan,” sambung Rahmad.

Termasuk juga rumah sakit, bandara, pelabuhan, area transportasi logistik, alat kesehatan, dan kebutuhan pokok, dan jalan tol.

Agar layanan broadband ini tetap prima, Telkomsel mengerahkan 1.578 teknisi dari tim internalnya dan 803 personel dari mitra. Mereka bertugas memelihara jaringan dan melakukan perbaikan bila terjadi gangguan.

“Telkomsel mengucapkan selamat menunaikan ibadah di bulan suci Ramadan bagi seluruh umat Islam di seluruh Indonesia. Telkomsel memastikan seluruh pelanggan dapat tetap nyaman dalam menjalin silaturahmi walau saat ini negara kita sedang menghadapi tantangan dan keterbatasan sebagai dampak wabah COVID-19,” kata Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam rilisnya awal pekan ini.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020