Pemkot Samarinda dan Kodim 0901/Samarinda serta Polresta Samarinda siapkan dapur umum dan tenda dapur untuk memasak makanan bagi warga Samarinda yang terdampak secara ekonomi akibat wabah virus corona atau COVID-19.


Dapur umum didirikan di Museum Taman Samarendah Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (18/4). 

Sejumlah TNI-Polri dibantu jajaran relawan Dinas Sosial Samarinda terlihat memasak di dapur umum guna menyiapkan 1.000 paket nasi yang akan diberikan kepada warga beberapa kecamatan.

Dandim 0901/Samarinda  Kolonel Kav Tomi Kaloko Utomo M.Sc menuturkan sesuai rencana, pada hari pertama beroperasi, dapur umum akan menyiapkan 1.000 nasi kotak dan akan dibagikan ke 5 Kecamatan Kota Samarinda.

"Nasi kotak ini dibagikan kepada masyarakat yang terkena dampak langsung wabah COVID-19. Proses pembagiannya akan dilakukan oleh Babinsa dan Babinkamtibmas. Diantar menggunakan mobil patroli, TNI dan Polri," katanya.

Meski hanya nasi kotak, mereka cukup merespons positif dengan gerakan ini.

Dia berharap keberadaan dapur umum dapat membantu masyarakat, sambil tetap akan dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, menjaga jarak, tertib physical distancing, wajib menggunakan masker jika ke luar rumah, sering cuci tangan, dan mematuhi imbauan pemerintah.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020