Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyemprotkan disinfektan ke fasilitas-fasilitas umum dalam upaya mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

"Upaya pencegahan COVID-19 dilakukan dengan penyemprotan cairan antikuman sampai kondisi membaik," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara Arnold Wayong ketika ditemui di Penajam, Jumat.

Penyemprotan disinfektan telah dilakukan di tempat-tempat ibadah, sekolah-sekolah, pelabuhan penyeberangan, terminal, dan pasar di wilayah Penajam Paser Utara.

Rumah Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara juga disemprot disinfektan. Demikian pula kantor organisasi perangkat daerah.

"Kami terus berupaya pencegahan dengan melakukan penyemprotan cairan antikuman dan sosialisasi kepada masyarakat," kata Arnold Wayong, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pemerintah Kabupaten, ia mengatakan, juga menganjurkan pengelola perkantoran dan fasilitas umum menyiapkan tempat cuci tangan dilengkapi sabun atau cairan pembersih tangan serta memajang informasi mengenai pencegahan COVID-19.

Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara menyediakan tandon berisi air serta sabun untuk mencuci tangan di pelabuhan "speedboat" dan klotok (kapal kayu).

"Dianjurkan kepada para pengguna jasa transportasi laut yang masuk atau keluar wilayah Penajam Paser Utara harus mencuci tangan, kami sudah sediakan tandon berisi air dilengkapi sabun di pelabuhan," kata Arnold Wayong.

"Suhu tubuh pengguna jasa transportasi laut di pelabuhan baik yang masuk maupun keluar wilayah Penajam Paser Utara juga akan diperiksa, kami masih menunggu alat untuk mendeteksi temperatur secara optik yang sudah dipesan," ia menambahkan.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020