Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur meminta para camat diwilayah setempat untuk ikut berperan aktif dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020.


Sekretaris Daerah Pemkab Kutim, Irawansyah mengatakan suksesnya sensus penduduk diperlukan kerjasama yang baik antar semua pihak terutama para Camat dan Kepala Desa yang menjadi ujung tombak Pemerintah.

"Data penduduk sangat penting untuk perencanaan pembangunan, serta upaya-upaya untuk pengentasan kemiskinan. Dengan adanya data penduduk yang benar, akan memudah Pemerintah menyusun suatu kegiatan program pembangunan,” terang Irawansyah saat membuka Rakor Sensus Penduduk 2020 di Gedung Serba Guna (GSG), Bukit Pelangi, Selasa (18/2)

Menurut Irawansyah peran Camat dan Kepala Desa sebagai ujung tombak pemerintahan sangat berpengaruh terhadap suksesnya pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 ini.

Irawansyah mengatakan banyaknya perusahaan besar di Kutim baik pertambangan maupun perkebunan menjadikan pencatatan data kependudukan perlu perhatian serius.

Dia memerintahkanb kepada para Camat untuk memberikan imbaun kepada perusahaan - perusahaan diwilayah masing – masing, agar karyawan yang sudah bertahun-tahun di Kutim, dapat mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Karena tidak menutup kemungkinan, masih banyak yang belum melakukan perekaman atau belum memiliki KPT Kutim.

Sebagaimana diketahui, sensus penduduk secara online telah dimulai sejak 15 Februari – 31 Maret 2020 melalui hhpts://sensus.bps.go.id.

Untuk masyarakat yang tidak mengisi data penduduk melalui online, maka petugas BPS yang akan langsung mendatangi kerumah masing – masing.

Pewarta: Wardi/Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020