Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan keberangkatan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan akan diangkut pesawat lebih besar tahun ini.


Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Matnor di Banjarmasin, Selasa menyebutkan jumlah satu kloter jamaah haji Embarkasi Banjarmasin menjadi 360 orang dari 325 orang pada tahun sebelumnya.

Keputusan penambahan jumlah jamaah haji pada satu kloter di Embarkasi Banjarmasin  sesuai surat yang pihaknya terima dari Direktur Pelayanan Ibadah Haji Dalam Negeri Kemenag RI.

Dengan tambahan jumlah jamaah pada satu kloter sebanyak 35 orang tersebut, diperkirakan pesawat yang dipakai lebih besar dari sebelumnya.

"Rasanya tidak mungkin muat kalau pesawat yang dulu, artinya pesawatnya lebih besar lagi," papar Matnor.

Karena, ucap dia, perhitungan penambahan jumlah jamaah haji ini berkaitan juga dengan bandara Syamsudin Noor yang sudah menjadi bandara internasional.

"Belum ada pemberitahuan lagi kepada kami pesawat apa yang akan mengangkut jamaah haji tahun ini," ujar Matnor.

Untuk persiapan keberangkatan haji tahun ini, dia menyatakan, sudah dilakukan sesuai prosesnya, termasuk saat ini proses pembuatan paspor.

"Sebagian paspor jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini sudah selesai, karena pihak imigrasi juga sangat membantu proses percepatannya," tutur Matnor.

Untuk jumlah jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 3.831 orang dari 13 kabupaten/kota di provinsi ini.

"Belum ada keputusan lagi akan ada penambahan jamaah haji seperti tahun lalu," ujarnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020