Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Provinsi Kalimantan Timur membangun pukesmas di Kecamatan Karangan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

Bupati Kutai Timur Ismunandar melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulai pembangunan Puskesmas Kecamatan Karangan di Desa Karangan Seberang, Kecamatan Karangan,Kamis.

"Kami tidak membangun yang besar-besar atau fundamental. Tetapi kebutuhan dasar masyarakat, seperti listrik, air, dan pelayanan dasar, seperti pembangunan puskesmas ini," kata dia.

Ismunandar menjelaskan pembangunan puskemas di daerah itu juga salah satu contoh peran pemangku kepentingan bersama-sama masyarakat dan pemerintah, memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat setempat.

Puskesmas yang segera dimiliki warga setempat itu, katanya, wujudnya sebagai terbaik dan statusnya mendekati rumah sakit pratama.

"Insyaallah pembangunannya tahun ini selesai dan bisa langsung dirasakan masyarakat Karangan. Kami pun telah menyiapkan tenaga kesehatannya, terutama dokter spesialisnya," ujarnya.

Camat Karangan Madnuh menyampaikan apresiasi kepada warga setempat, yakni Kasiman, karena telah menghibahkan lahan untuk pembangunan fasilitas kesehatan itu.

Ia menyatakan telah mengurus segala bentuk surat menyurat mengenai lahan tersebut.

"Ini sudah lama diidam-idamkan oleh seluruh masyarakat Karangan. Karena keterbatasan puskesmas yang ada itu pasti ditutupi dengan adanya puskesmas ini," ungkapnya.

Ia menambahkan keberadaan pusat pelayanan kesehatan baru akan menjadi berkah untuk masyarakat Karangan.
 

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kutai Timur Siti Fatimah menyampaikan Puskesmas Karangan salah satu puskesmas yang telah terakreditasi di kabupaten itu.

Walaupun baru pembangunan, katanya, Puskesmas Karangan terakrditasi madya.

Dengan itu, katanya, pembangunan Puskesmas Karangan mendapat paket lengkap yang berbeda dengan kecamatan lainnya.

"Puskesmas di Karangan menjadi bukti perhatian khusus dari pemerintah dalam sisi kesehatan. Puskesmas Karangan akan memiliki bangunan baru lengkap dengan rumah dinas, rawat inap, dan lengkap juga langsung dengan alkes, dan sudah ada mobil ambulansnya," ucap dia.

Pewarta: Wardi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020