Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, menghibahkan sebidang tanah untuk pembangunan Kantor Wilayah Kementerian Agama karena selama ini masih mengontrak rumah milik warga.

"Pemkab Mahulu di tahun 2020 ini menghibahkan tanah untuk pembangunan perkantoran Kemenag di wilayah kerja Kabupaten Mahulu. Ini merupakan bentuk dukungan kami," kata Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mahulu Yohanes Avun di Ujoh Bilang, Selasa.

Sebelumnya, saat ramah tamah dalam rangka silahturahmi antara Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim dengan Pemerintah Kabupaten Mahulu, di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang, Avun mengatakan hibah tanah tersebut merupakan bentuk perhatian Mahulu terhadap pembangunan bidang keagamaan.

Selain hibah tanah, lanjutnya, Pemkab Mahulu juga memberikan bantuan operasional bagi Kemenag Kabupaten Mahulu, yakni berupa mobil dinas sehingga bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk melayani umat beragama khususnya di Mahulu.

Ia juga mengatakan bahwa Pemkab Mahulu sudah beberapa tahun ini sudah membuat program bidang keagamaan, yakni bagi Umat Muslim ada umroh gratis, bagi umat Katolik dan Kristen diberangkatkan untuk ziarah rohani ke Yerusalem.

"Program ini rutin kami lakukan setiap tahun, harapannya adalah untuk meningkatkan keimanan pada Tuhan Yang Esa, termasuk meningkatkan keyakinan bagi masing-masing pemeluk agama, karena agama merupakan pegangan utama setiap insan," katanya.

Ia melanjutkan, kehadiran Kemenag di Kabupaten Mahulu selama ini sangat membantu, terutama dalam pembinaan kerukunan umat beragama karena melalui instansi ini banyak melakukan sosialisasi dan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk saling menghargai antarumat beragama.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kemenag Provinsi Kaltim Sofyan Noor mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pemkab Mahulu, termasuk komitmen Mahulu dalam mendukung kegiatan Kemenag dalam penguatan agama.

"Terima kasih kepada Pemkab Mahulu yang banyak menyediakan fasilitas agar program Kemenag bisa cepat dirasakan masyarakat, baik persiapan lahan maupun fasilitas pendukung lain. Semoga dengan dukungan ini, jajaran Kemenag Mahulu bisa maksimal melayani umat beragama," ucap Sofyan. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020