Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengharapkan masyarakat setempat tetap berkomitmen menjaga situasi yang kondusif dalam kehidupan antarumat beragama.

Menurut Gubernur Kaltim Isran Noor kepada awak media di Samarinda, Sabtu, semangat kerukunan dan hidup harmonis sangat kuat di Kaltim sehingga setiap pelaksanaan hari besar keagamaan tetap aman.

"Bagus. Kondusivitas kita selalu terjaga. Kaltim sangat kondusif. Itu yang diharapkan masyarakat. Ini kerja sama kita semua," kata dia.

Hal yang paling dirasakan, lanjut Isran, saat perayaan Natal dan Tahun Baru, di mana keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) betul-betul terjaga dan terpelihara dengan baik.

Demikian pula, perayaan hari besar keagamaan umat lainnya di Kaltim.

"Jadi benar kalau umat hidup rukun, kita semua bahagia. Karenanya, mari kita jaga dan pelihara keamanan dan kedamaian yang sudah terwujud. Semua kita terlibat menciptakan kondusivitas daerah," katanya

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim Sofyan Noor mengungkapkan Kemenag diberi tugas dan kewenangan menjaga umat selalu hidup rukun melalui Pusat Kerukunan Beragama Kemenag.

"Namun kita semua atau setiap orang berkewajiban menjaga dan menciptakan kerukunan umat melalui toleransi kehidupan beragama. Sesuai tema Hari Amal Bhakti Kemenag, Umat Rukun, Indonesia Maju," katanya.

Ia menyebut keyakinan beragama oleh masing-masing umat beragama harus absolut.

Namun, ungkap Sofyan, setiap pemeluk agama harus menghormati dan menghargai pemeluk agama lain, sehingga tercipta harmonisasi dan toleransi kehidupan beragama, termasuk di Kaltim.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020