Palang Merah Indonesia Kabupaten Berau kembali menggelar kegiatan perkemahan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) ke-VI Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Madya dan Wira se-Kabupaten Berau 2019 yang mengambil tempat di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb.


Pembukaan digelar Rabu (18/12) oleh Ketua PMI Kabupaten Berau H. Agus Tantomo dihadiri jajaran Pengurus PMI Kabupaten Berau, para staf, relawan dan tamu undangan dari beberapa instansi dan sekolah serta observer dari PMI Provinsi Kalimantan Timur.

Agus Tantomo mengucapkan terima kasih kepada SMPN 3 Tanjung Redeb yang sudah bersedia meminjamkan tempat dan fasilitasnya dalam kegiatan Jumbara ini.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus PMI Berau beserta staf dan relawan yang sudah bekerja keras merancang kegiatan ini, dan ini merupakan puncak dari seluruh kegiatan yang telah dilakukan PMI Berau selama setahun ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus Tantomo mengatakan,  dua hari yang lalu Jusuf Kalla kembali menjabat sebagai Ketua Umum PMI Pusat melalui Musyawarah Nasional.

Ada satu hal yang bisa dipetik pelajaran, dimana Jusuf Kalla saat ini sudah berusia 78 tahun dan ia masih bersedia menjadi Ketua Umum PMI Pusat.

"Jadi itu menunjukan kepada kita semua bahwa yang namanya pengabdian kepada kemanusiaan itu tidak ada batas umur, orang bisa pensiun bekerja di perusahaan tapi di PMI tidak pernah pensiun dalam mengabdi kepada kemanusiaan. Apalagi para anggota PMR yang notabene masih sangat muda masa mau kalah dengan yang tua?," jelasnya.
Foto bersama Ketua PMI Kabupaten Berau H. Agus Tantomo usai pembukaan Jumbara (Antaranews Kaltim/HO/Ets-PMI Berau)

Dengan begitu para pelajar yang tergabung dalam unit PMR di sekolah agar bisa menunjukan bahwa tidak perlu menunggu tua untuk mengabdi kepada kemanusiaan.

Kegiatan Jumbara ini hendaknya dapat diambil manfaatnya oleh adik-adik PMR yang ikut serta.

"Jadi untuk para pelajar yang mengikuti kegiatan Jumbara ini, pasti kalian akan mendapatkan pelajaran yang tidak didapatkan selama belajar di sekolah dan saya berharap nanti para pelajar agar bisa mengikuti acara tersebut dengan benar karena banyak ilmu yang akan didapat," pungkasnya.

Kegiatan Jumbara ini juga dilakukan dengan metode perkemahan yang akan menggelar berbagai macam lomba, diantaranya Travelling Kepalangmerahan, Majalah Dinding, Kreasi Limbah Plastik, Cerdas Cermat, Pentas Seni dan Olahraga Persahabatan.

Selain itu ada pula penambahan wawasan diantaranya Lokakarya Remaja dengan materi Kesadaran Berlalu Lintas, Cegah Kekerasan Anak, Kunjungan ke Panti Asuhan dan Jalan Sehat Pungut Sampah. (PMI Berau/ets)

Pewarta: AHM

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019