Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) I DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) PPP Kalimantan Timur, telah merumuskan berbagai program berbasis umat.

Sekretaris Panitia Mukerwil PPP Kaltim, Herman A. Hasan, Minggu, menyatakan, salah satu keputusan yang dihasilkan pada pertemuan seluruh kader partai berlambang Ka`bah tersebut yakni program strategis dalam menghadapi Pemilu 2014.

"Rumusan penting pada mukerwil tersebut yakni program-program berbasis umat khususnya menyangkut kemaslahatan umat Islam di Kaltim. Begitupula dengan program nasional partai yakni target 12 juta kader menjadi salah satu rumusan dan komitmen PPP Kaltim menghadapi Pemilu 2014," ungkap Herman A. Hasan.

Mukerwil I PPP Kaltim yang berlangsung 26-28 April 2012 tersebut dibuka Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali.

"Tadi malam (Sabtu) sudah ditutup secara resmi oleh Ketua DPW PPP Kaltim, Rusman Ya`qub. Usai penutupan dilanjutkan renungan kemudian ikrar dari seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se-Kaltim berkomitmen untuk menjalankan program yang telah dirumuskan tersebut," kata Herman A. Hasan.

Mukerwil I PPP Kaltim kata dia tidak membahas suksesi Gubernur Kaltim 2013.

"Sesuai janji semula, mukerwil tidak membahas terkait pemilihan Gubernur Kaltim namun lebih fokus pada konsolidasi internal dan bagaimana upaya memenangkan pemilu 2014 terkait mengembalikan kejayaan PPP di Kaltim seperti yang pernah diraih sebelumnya," ungkap Herman A. Hasan.

Menindaklanjuti rumusan Mukerwil I PPP Kaltim tersebut, semua DPC akan melakukan musyawarah kerja cabang (mukercab) di daerah masing-masing.

"Kami optimistis, hasil mukerwil ini akan menjadi acuan bagi semua DPC di Kaltim untuk melakukan langkah-langkah kongkrit dalam merangkul masyarakat khususnya umat Islam agar memberikan dukungan kepada PPP," kata Herman A. Hasan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Mukerwil I PPP Kaltim Andi Fathul Khair menyatakan, salah satu pembahasan pada kegiatan tersebut yakni strategi pemenangan pemilu dan konsolidasi internal partai.

"Pada Mukerwil I ini tidak ada pembahasan khusus terkait pemilihan gubernur namun lebih pada konsolidasi internal serta program-program strategis lima tahun ke depan, termasuk strategi pemenangan Pemilu 2014. Intinya, kami akan kembali melakukan penguatan untuk mengembalikan kejayaan PPP. Secara tradisional, pada pemilu legislatif mendatang kami menargetkan tujuh kursi di DPRD Kaltim," kata Andi Fathul Khair yang juga menjabat Wakil Ketua DPW PPP Kaltim.

Saat ini, katanya, PPP juga berupaya mendapatkan kembali dukungan dari ulama.

"Salah satu dasar kami menggelar Mukerwil I ini di areal pondok pesantren karena PPP bertekad kembali ke rumah besar umat Islam. Itulah yang menjadi tema mukerwil yang baru pertama dilaksanakan di Kalitm ini. Kami juga ingin agar para ulama memberikan dukungan seperti yang pernah diraih pada masa lalu," katanya.

Mukerwil I PPP Kaltim itu berlangsung di Pondok Pesantren Al Mujahidin, Rapak Dalam, Samarinda Seberang.  (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012