Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya membuka acara Mushabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Paser ke-45  di Arena MTQ Kecamatan Kuaro, Minggu malam (8/12).


Acara MTQ ini akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 8-14 Desember dan diikuti para kafilah dari 10 kecamatan se Kabupaten Paser.

Acara pembukaan ini dihadiri unsur Forkompimda dan para kepala organisasi perangkat daerah serta pimpinan ormas.

Sebelum pembukaan, terlebih dahulu Sekda Paser Katsul Wijaya mengukuhkan para dewan hakim. 

Pada  MTQ ke-45 tahun 2019  ada  8 jenis nomor perlombaan di antaranya Tilawah kategori anak-anak, remaja dan dewasa, Tilawah kategori Qiroat.

Selain itu ada cabang lomba Tahfidz Golongan 1 Juz plus Tilawah dan 5 Juz plus Tilawah, Tahfidz kategori 10, 20, hingga 30 juz. Kemudian ketegori Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Kaligrafi Al Qur’an dan Makalah Al Qur’an pun turut diperlombakan. 

Katsul Wijaya mengatakan penyelenggaraan MTQ Paser kali ini diharap dapat menjadi motivasi bagi Kabupaten Paser untuk meraih prestasi lebih baik di MTQ tingkat Propinsi Kaltim tahun 2020 di Kota Bontang.

"Seperti diketahui, Kabupaten Paser pada MTQ Kaltim tahun 2019 meraih peringkat 8, semoga MTQ tingkat Provinsi mendatang lebih baik  dalam meraih prestas," kata Sekda.

Mengusung tema 'bersama kita wujudkan generasi qur'ani yang unggul cerdas dan berakhlak mulia', kata Katsul, MTQ yang digelar juga bertujuan untuk menciptakan generasi islami yang mempraktekan Alquran dalam kehidupan sehari hari.

"Semoga di MTQ ini dapat menciptakan generasi yang islami," kata Katsul.

Pada pelaksanaan MTQ Paser yang digelar beberapa hari kedepan  juga ditetapkan Dewan Hakim. Abu Bakar Syam ditetapkan Sekda Paser sebagai Ketua Dewan Hakim.

Sementara Camat Kuaro M Sidik mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya MTQ ke 45 ini.

"Kepada semua pihak, panitia, perusahaan yang telah mendukung kegiatan ini, kami ucapkan terima kasih," kata Sidik.(MC Kominfo Paser)

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019