Sangatta (ANTARA News Kaltim) - Ujian Nasional tingkat SMP dan sederajat di Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur diikuti 3.686 pelajar yang terbagi dalam 15 sub rayon di 18 kecamatan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur, Imam Hidayat, Senin, mengatakan, setiap sub rayon terdiri dari dua hingga lima sekolah gabungan sekitar.

Ia mencontohkan seperti di lokasi SMP 1 Sangatta Utara dengan 402 peserta UN, terdiri dari pelajar SMP 1 Sangatta Utara berjumlah 265 pelajar, ditambah SMP Persada 35 pelajar, dan SMPIT Darus Salam 43 pelajar.

Kemudian yang juga bergabung di dalamnya adalah SMP Adven berjumlah 12 pelajar, SMP Ibnu Sina 23 pelajar, dan SMP Darul Ulum 24 pelajar.

"Dan syukur Alhamdulillah pada hari pertama UN, para siswa hadir tepat waktu dan pelaksanaannya berjalan lancar," kata Kadis Pendidikan Imam Hidayat.

Imam Hidayat yang didampingi Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Disdik Kutai Timur Elok Hariwahyuningsih berharap agar para pelajar peserta ujian diberikan kesehatan serta kekuatan agar dapat menyelesaikan UN ini sampai hari terakhir nanti.

"Kami juga berhatap peran serta orangtua siswa dalam menghadapi Ujian Nasional ini agar berpartisipasi aktif memberikan suport kepada anak-anaknya, sehingga berhasil dengan baik," ujarnya.

Elok mengatakan, mata pelajaran hari pertama Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris akan mengisi UN di hari kedua. Hari ketiga Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di hari terakhir.

"Belum ada laporan apakah ada siswa yang tidak mengikuti UN hari pertama atau tidak," katanya.

Berdasarkan data bahwa Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah SMP se-Kabupaten Kutai Timur tahun 2011 sebanyak 3.469 orang terdiri dari 1.748 orang laki-laki dan 1.721 orang perempuan.

Dari jumlah total siswa yang ikut ujian 2011, dua orang dinyatakan tidak lulus 0,06 persen atau angka kelulusan mencapai 99,94 persen.  (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012