Pengurus Provinsi Palang Merah Indonesia (PMI) Kalimantan Timur melatih 19 orang personel PMI kabupaten/kota  dalam bidang kehumasan sehingga ke depan diharapkan dapat berperan lebih aktif mendorong dan mensosialisasikan organisasi kemanusiaan tersebut secara luas kepada pemangku kepentingan dan  masyarakat.


Ketua Pengprov PMI Kaltim Sayid Irwan di Samarinda, Senin mengatakan, kegiatan pelatihan yang digelar oleh Bidang Komunikasi Pengprov PMI Kaltim tersebut berlangsung 7-11 Nopember 2019 bertempat di Markas PMI Kaltim di Kota Samarinda.

Pelatihan Kehumasan terseut diharapkan bisa memberikan arah kepada Humas PMI kabupaten/kota dalam melaksankan fungsi dan pendoman komunikasi organisasi PMI yang menangani komunikasi praktis.

Kegiatan pelatihan yang didukung Tim Kehumasan Markas PMI Pusat tersebut berlangsung efektif dengan sejumlah materi yang disajikan oleh para narasumber atau fasitator dari mereka yang berpengalaman di bidang masing-masing.
Suasana Pelatihan Kehumasa PMI Kaltim (Antaranews Kaltim/Ist/PMI Kaltim)


Menurut Sayid Irwan, setiap peserta diharapkan dapat menjadi vocal person kehumasan di kab/kota masing-masing.

"Pelatihan akan dianggap berhasil jika kehumasan di kabupaten/kota berfungsi dengan baik," katanya.

Ke depan dia menjanjikan akan memberikan award kepada PMI Kab/Kota yg berhasil dalam aktifitas kehumasan, kriteria pemenang nanti akan dirumuskan bersama dengan Ketua Bidang Komunikasi PMI Kaltim.

Selain fasilitator dari Markas PMI Pusat juga hadir sebagai fasilitator dair Markas PMI Provinsi Kaltim dan praktisi Kehumasan dari Biro Humas Pemprov Kaltim dan kewartawanan atau jurnalis dari LKBN ANTARA Biro Provinsi Kalimantan Timur.
Suasana Pelatihan Kehumasa PMI Kaltim (Antaranews Kaltim/Ist/PMI Kaltim)


Materi yang diberikan antara lain terkait dengan Kepalangmerahan, Pengangtar Kehumasan, Teknik Dasar Foto & Video, Mengolah Foto & Video, Merancang Even, Teknik Penulisan serta Opini Publik dan mengelola Isu Negatif.

Selain itu, Pemetaan Media & Media Relasi, Pengelolaan  Akun Media Sosial, Membuat KIE, Publik Speaking serta Perencanaan Program, Pelaporan dan Monev.

Kepala Markas PMI Provinsi Kaltim Mesdiono mengatakan, pelaksanaan pelatihan berjalan lancar dan sukses dengan dukungan pengurus, fasilitator dan tentunya para peserta yang dekan tekun dan serius mengikuti kegiatan pelatihan yang dengan suasana ceria.

Pewarta: AHM

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019