Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Paser melayani warga Muara Komam dengan sistem jemput bola atau mendatangi warga  di Kantor Kelurahan Muara Komam,  Rabu (30/10). 


Warga yang berkumpul di Kantor Kelurahan tersebut mendapatkan pelayanan pembuatan Akta Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK) hingga pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). 

Staf Ahli Bupati Paser Bidang Kesra Boy Susanto yang memantau kegiatan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) dengan sistem jemput bola mengatakan, pelayanan tersebut dinilai cukup efektif.

“Sistem seperti ini cukup efektif dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli dengan  dokumen Adminduk,” kata Boy Susanto.

Dengan kehadiran pelayanan Disdukcapil langsung ke tingkat kelurahan dan kecamatan akan membawa dampak positif dalam administrasi kependudukan.

“Masyarakat antusiias ingin mendapatkan pelayanan adminduk, mereka berharap ke depan pelayanan seperti ini terus dilakukan,” kata Boy.

Saat ini pemerintah tengah gencar menyuskeskan program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). 

“Jika masyarakat sudah punya dokumen lengkap, maka akan mempermudah pelayanan pemerintah kepada masyarakat, harapannya semua pihak mendukung program GISA ini,” katanya.

Camat Muara Komam Abdul Rasyid merasa bersyukur dengan pelayanan yang dilakukan Disdukcapil, dia berharap pelayanan serupa dapat rutin dilakukan paling tidak satu tahun sekali.

Pada kegiatan tersebut, Kelurahan Muara Komam ditetapkan sebagai Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan, karena terlihat dari antusiasme masyarakat dalam kepengurusan adminduk-nya. 

Pada kegiatan itu juga diilakukan penyerahan kartu keluarga, akta kelahiran dan kartu identitas anak secara simbolis kepada salah satu warga.

Penyerahan dokumen akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak diserahkan secara simbolis kepada salah satu warga. (MC Kominfo Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019