Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, telah membagikan 12.019 Kartu Subsidi Ongkos Angkut (SOA) untuk 12.019 jiwa penduduk tidak mampu dari sekitar 2.800 kepala keluarga (KK) yang tergolong kurang mampu dari lima kecamatan.
 

"Program SOA ini khusus untuk transportasi sungai (Sungai Mahakam) yang menggunakan speedboat, sehingga warga yang tidak mampu dan ingin beraktivitas bisa memanfaatkan angkutan ini," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mahulu Toni Imang di Ujoh Bilang, Jumat.

Didampingi Sudarno, selaku Kabid Angkutan Darat dan Sungai, ia melanjutkan, tahun ini program tersebut sudah berjalan pada tahun ketiga, sehingga sejak 2017 lalu warga tidak mampu di kabupaten yang berbatas negara tersebut sudah menikmati layanan transportasi air secara gratis.

Warga yang sudah mendapat pembagian kartu tersebut, katanya, tinggal menunjukkan kepada motoris ketika akan naik speedboat sehingga tidak perlu bayar. Dalam penerapan program SOA ini diberlakukan dua pola, yakni ada yang 100 persen gratis dan ada yang 50 persen gratis.

Ia mengatakan tiap tahun program SOA terus dilakukan pendataan untuk penerimanya, karena ada beberapa kondisi yang memang mewajibkan pembaruan data, seperti kemungkinan ada warga mampu yang menerima Kartu SOA.

Kemudian bisa jadi ada warga tidak mampu namun belum menerima, kemungkinan ada yang sudah meninggal dunia, bisa jadi penerima kartu sudah tidak miskin, kemungkinan masih adanya aparatur kampung atau pegawai di OPD yang masih menerima kartu, padahal SOA diprioritaskan bagi warga tidak mampu.

"Untuk bisa menghasilkan data yang valid, maka saya minta kepala kampung (kepala desa) memberikan data yang akurat ke kami, yakni warga Mahulu yang akan menerima Kartu SOA harus penduduk tak mampu, jangan aparatur kampung atau keluarga yang dimasukkan daftar penerima Kartu SOA," ujarnya.

Menurutnya, anggaran SOA yang disiapkan tahun ini senilai Rp10 miliar. Untuk keberangkatan awal ke kawasan hulu Mahakam naiknya di Pelabuhan Long Bagun. Untuk yang ke arah hilir, naiknya di Pelabuhan Ujoh Bilang dan untuk di Kabupaten Kutai Barat, naik dan turunnya di Pelabuhan Gruti. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019