Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, segera memiliki ring tinju standar kompetisi karena dalam waktu dekat dilakukan pengadaan sarana dan prasarananya, sehingga putra-putri daerah yang memiliki bakat bisa langsung latihan di lokasi tersebut.


"Pengadaan ring tinju yang dilakukan tahun ini merupakan ring tinju portabel sehingga jika ada pertandingan yang mengharuskan ke lokasi tertentu, maka bisa dipindah sesuai titik yang diinginkan," ujar Ketua KONI Kabupaten Mahulu Benekditus Wisdiadi di Long Melaham, Mahulu, Sabtu.

Sesuai dengan perencanaan, ring tinju tersebut akan dipasang di depan aula Bumi Perkemahan Mahulu di Kampung Long Melaham, karena lokasi itu dinilai strategis sebagai tempat berkumpulnya pemuda dan pelajar, bahkan halamannya juga luas dan didukung akses yang mudah dijangkau. 

Ia menjelaskan, awal keinginan pihaknya perlu melakukan pengadaan ring tinju, karena selama ini memang di Mahulu belum memiliki sarana dan prasarana olahraga tersebut, sementara atletnya sudah ada, bahkan menurut pandangannya, ada beberapa putra-putri Mahulu yang berbakat namun tidak ada wadah penyaluran.

Untuk itu, melalui aspirasi rakyat tahun sebelumnya yang masuk ke DPRD Kabupaten Mahulu yang kebetulan saat itu ia masih menjabat anggota DPRD setempat, kemudian dari aspirasi itu ditampung sehingga tahun ini masuk dalam APBD Perubahan Mahulu.
     
Di kabupaten lain, lanjut dia, sudah memiliki ring tinju dan memiliki pelatih, sehingga jika ada anak yang berbakat, maka mudah melakukan pembinaan, tentu ia juga menginginkan hal seperti itu, apalagi jika ada sarana dan prasarananya diyakini akan mudah melakukan pembibitan selain memupuk mereka yang telah berbakat.

"Sekarang saja belum adanya ring tinju, telah ada satu petinju Mahulu yang lolos seleksi dan ikut Pra-PON, saya doakan bisa ikut PON 2020. Apalagi jika nanti sudah ada sarana dan prasarananya, tentu diharapkan makin banyak generasi tinju yang tercetak," ujar Adi yang lebih akrab dipanggil Aditomo ini.

Ia meyakini dengan adanya ring tinju mendatang, pasti akan tercetak bibit-bibit baru untuk memajukan tinju Mahulu. Apalagi ring tinju bukan hanya digunakan untuk latihan atau pertandingan tinju, tapi bisa untuk pertandingan bagi fighter lain untuk olahraga sejenis.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019