Tarian lokal dari sanggar tari Insting Smanda dan Separa Tenggarong tampil perdana pada pembukaan Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) 2019 di lapangan Plaza Utama Pulau Kumala Tenggarong.


Sejumlah penari lokal menampilkan tarian Dayak dan Jepen Kreasi yang diiringi musik tradisional mendapat perhatian  dan tepuk tangan dari para penonton yang  memadati tempat pentas seni di Pulau Kumala.

Setelah penampilan tarian dari tuan rumah Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara secara bergantian ditampilkan tarian dari masing-masing negara di antaranya dari negara Belanda, Thailand, Rusia, Srilangka,Romania dan Mesir.

Salah satu penampilan tarian yang dibawakan negara yang ikut berpartisipasi yakni dari negeri  Belanda yaitu menampilkan lima tarian berjudul Helderse Polka yang bercerita tentang sebuah distrik di Amsterdam bernama Jordaan, yang mana dilingkungan tersebut dipenuhi oleh cafe dan Bar serta masyarakat asli Amsterdam.

Kemudian tarian Riepe Garste yang bercerita tentang musim panen, serta tarian Cindy Swing, Polka Jenny Lind dan Teton Mountain Stomp yang merupakan tarian yang diperkenalkan oleh tentara Amerika Serikat pada perang dunia kedua.

Saat menampilkan tarian, penari dari Belanda mengajak para pengunjung untuk ikut menari bersama sehingga membuat suasana meriah dan penuh kegembiraan.

Sementara  salah seorang pengunjung Yannuar yang menyaksikan pertunjukan mengatakan dirinya rela bersama anaknya ingin menyaksikan penampilan  sejumlah tarian baik dari Tenggarong maupun dari luar negeri yang  belum pernah dilihat oleh anaknya secara langsung. 

"Walaupun cuaca cukup panas saya rela pergi untuk menyaksikan sejumlah tarian yang belum pernah dilihat secara langsung tetapi hanya lewat televisi,"katanya.

Sejumlah pengunjung yang menyaksikan tar-tarian itu tidak mau ketinggalan untuk mengabadikan tarian yang ditampilkan masing-masing peserta menggunakan kamera handphone.

Sekadar diketahui bahwa pergelaran seni tari tersebut dilaksanakan setiap sore hari di Pulau Kumala, Tenggarong sejak pukul 16.00 Wita. Kemudian juga digelar di dua tempat lainnya yaitu , di panggung seni lapangan Basket Timbau Tenggarong dan panggung seni halaman parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong pada malam hari sejak pukul 20.00 Wita sampai selesai.(Humas Kukar/HendroAldino).

 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019