Pertamina menampilkan 3 mitra binaan untuk mengikuti ajang Kutai Kertanegara Expo 2019 di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, 22-29 September ini.
 

“Ada usaha kain sasirangan Kayuh Baimbai dan kerajinan kain perca dan kerajinan aksesoris rumah Dayak, dari Banjarmasin, dan Borneo Blink yang menjual aksesoris, tas, dan kerajinan dari Samarinda,” kata Humas Pertamina Regional Kalimantan Heppy Wulansari, Selasa.

Kutai Kartanegara (Kukar) Expo adalah bagian Erau atau pesta tradisi Kesultanan Kutai Ing Martadipura, festival tahunan yang dihelat di Tenggarong, 150 km barat laut Balikpapan.

Kain sasirangan adalah kain tradisional Banjar yang diwarnai dengan dicelup ke dalam zat warna yang diinginkan. Sebelum dicelup, kain diikat dengan cara tertentu. Ketika ikatan dibuka, maka akan terbentuk pola-pola warna yang khas.

“Karena produk mereka menarik bagi turis yang datang ke Erau, baik dari dalam maupun luar negeri,” kata Heppy. Apalagi ketiga mitra ini memproduksi barang berkualitas dan telah pula diekspor ke sejumlah negara.

“Karena Pertamina saya seringkali ikut pameran seperti ini, membantu usaha saya jadi makin dikenal,” kata Noor Hidayah, pemilik Dayah Family.

Ada pula Borneo Blink baru bermitra di tahun 2019 tetapi sudah pula diikutkan berpameran di Aljazair. Bahkan menurut Heppy, saat ini ada Toko Magdalena yang juga mitra binaan Pertamina di Balikpapan yang menjual barang-barang antik Kalimantan ikut berpameran di China bersama mitra binaan Pertamina dari provinsi lain.

Pertamina telah menyalurkan dana hingga Rp83 miliar sejak tahun 1993 untuk 3.500 mitra binaan yang tersebar di lima provinsi Kalimantan. Seluruhnya mereka adalah pengusaha kecil dan menengah.

Heppy menambahkan Pertamina terbuka bagi siapa saja pengusaha UMKM yang ingin menjadi mitra, walaupun dengan memberlakukan beberapa syarat. Syarat utama adalah sudah punya usaha yang sudah jalan minimal setengah tahun, sedang tidak punya utang bank, dan tidak sedang bermitra dengan badan usaha milik negara (BUMN) lainnya.

“Tentu ada survei, ada seleksi administrasi, sampai akad pinjaman hingga penyaluran dana,” kata Heppy. Dana dari Pertamina ini tidak berbunga, namun ada biaya administrasi sebesar 3 persen per tahun.

Karena itu, bagi pelaku UMKM di Kalimantan yang berminat menjadi mitra binaan Pertamina, bisa langsung mengirimkan dokumen ke Kantor Pertamina MOR VI, Jalan Yos Sudarso No.148, Kota Balikpapan atau dapat mengunjungi kantor perwakilan di Rumah Kreatif BUMN Pertamina yang ada di Kota Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, dan Sanggau. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019