Kabar meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie, sontak mengagetkan masyarakat dan tokoh bangsa. Tidak terkecuali pejabat maupun tokoh di seluruh kabupaten/kota dan Provinsi Kaltim termasuk di Kabupaten Paser.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya, mewakili Pemkab Paser turut mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya. Almarhum BJ Habibie sebagai sosok Bapak Bangsa, selama menjadi Presiden RI memimpin negara, almarhum memiliki sifat yang religius.

"Beliau sosok yang intelek dan seorang birokrat. Perpaduan intelektualitas dan spiritual ada di dalam diri almarhum,” kata Katsul Wijaya di Tanah Grogot, Kamis (12/9).

Meski selama ini hanya mengetahui sosok almarhum melalui media, bagi dia pribadi almarhum bisa dijadikan tauladan dan contoh bagi bangsa ini.

Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) kata Katsul, kepribadian  Almarhum BJ Habibie yang bersahaja dan kegigihannya dalam bekerja sebagai seorang birokrat, patut dicontoh.

"Bagi ASN, tentu pribadi almarhum yang sederhana, selama menjabat beberapa jabatan hingga menjadi Presiden, perlu dicontoh,” ucapnya.

Almarhum BJ Habibie, lanjut Katsul, adalah contoh birokrat yang berdidikasi tinggi sehingga tidak diragukan lagi integritasnya.

Pribadi yang religius yang dimiliki almarhum BJ Habibie, menurut Katsul, merupakan salah satu kunci keberhasilannya.

"Meski kesibukan beliau sangat tinggi, namun tetap bekerja dengan all out  melaksanakan tugasnya. Sosok inilah yang perlu kita contoh serta kehidupan religiusnya patut  teladani,” ujarnya.

Senada dengan Katsul Wijaya, Arbain M Noor, Ketua Lembaga Adat Paser (LAP), menilai almarhum BJ Habibie adalah sosok bapak yang memiliki citra tersendiri yang perlu diteladani.

"Sosok bapak bangsa, memiliki citra tersendiri. Sebagai orang timur, kami sangat bangga memiliki tokoh bangsa seperti beliau,” kata Arbain.

Almarhum menurut Arbain juga sangat menghargai perbedaan adat istiadat, keberagaman suku dan bangsa, yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

“Buktinya sering kita lihat beliau memakai pakaian adat dan mengormati perayaan adat,” ucap Arbain.

Dari segi intelektualitas, tambah Arbain, BJ Habibie adalah sosok yang tidak diragukan lagi, masyarakat Paser patut mencontohnya.

"Dari segi intlektualitas, patut kita teladani. Keteladanan Almarhum BJ Habibie patut ditiru masyarakat Paser untuk memajukan daerah, "  pungkas Arbain. (MC Kominfo Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019