Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur Mursidi Muslim mendorong pemerintah provinsi setempat untuk lebih maksimal memberikan perhatian kepada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.
 

Menurut Mursidi kepada awak media di Samarinda, Rabu (22/8), nelayan wajib diberikan perhatian lebih oleh pemerintah agar taraf hidup masyarakat yang berada di pinggiran tersebut semakin meningkat.

"Keberlangsungan hidup dan usaha nelayan wajib dijamin karena peran mereka yang tidak kecil dalam membantu pemerintah dalam hal menghasilkan devisa,” katanya.

Mursidi menambahkan, pemerintah dapat memberikan bantuan kepada nelayan, dengan memberikan sarana dan prasarana yang dapat memperlancar tugas mereka sehari-hari.

Sejumlah sarana tersebut seperti alat tangkap ikan, mesin untuk pompa atau sampan dan perbaikan terhadap tanggul tambak.

"Selain itu para nelayan juga perlu pengadaan air bersih, pendidikan yang layak bagi anak- anak mereka," katanya.

Logo- DPRD Kaltim (Dok Antaranews Kaltim)

Untuk menjamin bantuan itu bisa tepat sasaran, perlu adanya sinergi antar pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota terkait. Lalu, mensurvei daerah kawasan nelayan yang dirasa memang perlu bantuan.

Ia menilai sarana penunjang yang diberikan oleh pemerintah akan dapat meningkatkan produktivitas mereka sebagai nelayan.

Setidaknya, lanjut Mursidi, mereka tidak perlu lagi memikirkan untuk mengeluarkan uang membeli alat tangkap yang baru.

"Sangat banyak peran para nelayan kita baik untuk pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat, dan juga untuk pertumbuhan ekonomi, mengingat sejumlah produk ikan juga membanjiri pasaran ekspor, juga cukup krusial dalam meningkatkan nilai ekspor, " kata Mursidi. 
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019