Provinsi Kalimantan Timur berhasil membawa pulang tiga gelar pada Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Nasional Regional III, di arena Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kampung dan Kelurahan 2019 di Jakarta.
 

Tiga penghargaan tersebut yakni juara pertama perlombaan kelurahan yang disabet oleh Kelurahan Teritip, Kota Balikpapan,juara kedua perlombaan desa oleh Desa Batu Putih, Kabupaten Berau dan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha yang diperoleh Walikota Balikpapan.

Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi dihubungi dari Samarinda, Jumat, menyatakan kegembiraannya dengan hasil terbaik yang diraih desa dan kelurahan yang mewakili Kaltim berlaga pada Lomdeskel tingkat Nasional.

“Tadi malam (15/8) pada acara Temu Karya Nasional rangkaian kegiatan PINDesKel 2019 diumumkan hasil Lomdeskel tingkat Nasional. Alhamdulillah Kaltim memperoleh tiga penghargaan sekaligus,“ ujar Jauhar.

Ia mengatakan penghargaan diserahkan Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo kepada para juara pada Temu Karya Nasional rangkaian kegiatan PINDesKel 2019, di Jakarta, Kamis (15/8) malam.

Dalam arahannya, menurut Jauhar, Sekjen Kemendagri memberikan ucapan selamat kepada pemenang Lomdeskel tingkat Nasional Regional I,II,II, dan IV.

"Sedangkan Upakarya Wanua Nugraha, merupakan penghargaan terbaik dalam rangka upaya pembinaan pemerintah daerah terhadap pemerintahan desa dan kelurahan,” sebutnya.

Jauhar mengatakan keberhasilan tersebut berkat dukungan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Provinsi dan pihak lain yang terlibat.

"Termasuk pembinaan dari Tim Provinsi dan kekompakan serta kesigapan Tim Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa dan Kelurahan dalam menjawab berbagai pertanyaan (untuk level Prov dan Kabupaten/Kota menyangkut kebijakan)," imbuhnya.

Ia menjelaskan lomdeskel tingkat regional III, dilaksanakan pada 6-9 Agustus 2019, di Jakarta dengan Tim Juri Tingkat Nasional yakni Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Dirjen Administrasi Wilayah, para Direktur di lingkungan Ditjen BPD, Bappenas, akademisi dari UGM, IPB dan IPDN).

Secara umum juara lomba desa dimenangkan Desa Pulau Sapi dari Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara juara I, kemudian Kampung Batu Putih dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur juara II, dan Desa Tolinggula Tengah dari Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.

Sedangkan juara kelurahan dimenangkan Kelurahan Tritip dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kelurahan Maburungan Raya dari Kota Tarakan, Kalimantan Utara, serta Kelurahan Sungai Jawi dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019