Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Pesta adat, seni, dan budaya Erau yang dikemas dalam "Expo Erau" di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, akan lebih menonjolkan produk ekonomi kreatif hasil karya warga setempat.

"Expo Erau akan lebih menonjolkan ekonomi kreatif hasil karya warga Kutai Kartanegara. Upaya ini dilakukan agar pesta budaya Erau tidak terkesan monoton," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara Sri Wahyuni di Tenggarong, Selasa.

Menurut dia, upaya itu juga sesuai dengan nomenklatur Kementerian Pariwisata yaitu pengembangan wisata dibarengi dengan tumbuhnaya ekonomi kreatif.

Untuk itu, ujarnya, semua Satuan Kerja Perangkat Darah (SKPD) atau stakeholders yang memiliki binaan ekonomi kreatif warga diharapkan bisa menampilkan produk asli warga Kukar saat Expo atau Pesta Adat dan Budaya Erau pada 1-8 Juli 2012.

Hal tersebut, kata Sri, untuk memberikan tempat dan kesempatan yang lebih banyak pada pelaku usaha ekonomi kreatif warga Kukar, untuk mengenalkan karya mereka kepada masyarakat luas serta pengunjung Erau, sehingga produk warga Kukar, baik berupa kerajinan atau kuliner khas Kukar, bisa diminati masyarakat.

"Hal ini tentu saja untuk mencerahkan masa depan pelaku usaha ekonomi kreatif agar mampu meningkatkan pendapatan mereka," katanya.

Untuk itu, Sri akan berkoordinasi serta bekerja sama dengan pihak terkait untuk membawa ekonomi kratif Kukar lebih maju sebagai pendukung pengembangan wisata di Kukar.

Expo Erau merupakan agenda pariwisata tahunan Kabupaten Kutai Kartanegara. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012