DPRD Provinsi Kalimantan Timur mendukung dan mengapresiasi upaya pemerintah provinsi setempat khususnya tim dari Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum mengupayakan penanggulangan banjir di beberapa daerah di Kaltim.
 

"Sejauh ini sudah luar biasa pemerintah provinsi membantu mengupayakan penanggulangan banjir, namun upaya tersebut tak cukup tanpa respon dari kabupaten/kota," kata Ketua Komisi II DPRD Kaltim Edy Kurniawan.

Ia mengatakan ada dua hal dalam upaya penanggulangan banjir yang perlu dilakukan yakni bagaimana meresapkan air kedalam tanah dan bagaimana mengalirkan ke laut atau ke sungai.

Menurutnya untuk Kota Balikpapan selama ini air yang tertampung dialirkan ke laut, padahal warga Balikpapan memerlukan air tanah.

"Warga masih kekurangan ketersediaan air tanah, sehingga Pemkot Balikpapan diharapkan bisa mengupayakan penyerapan air kedalam tanah,”kata Edy.

Kamudian di Kota Samarinda juga sering terjadi banjir , kedua pola  sangat diperlukan bagi Samarinda, yaitu meresapkan air kedalam tanah dan mengalirkan ke laut.
Selain  dua pola program tersebut  Edy  juga menyarankan untuk melakukan normalisasi  Sungai Karang Mumus (SKM) sekaligus dijadikan tempat pariwisata.

Logo-DPRD Kaltim (Dok Antaranews Kaltim)

Dia yakin dengan mengubah kawasan SKM menjadi tempat wisata maka dengan sendirinya masalah-masalah lain akan teratasi. "Misalnya saja dengan mengubah menjadi tempat wisata maka warga akan enggan membuang sampah sembarangan.

"Untuk mengatasi banjir bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga peran serta warga untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Ia berarap kepada Pemerintah Kota Samarinda segera merespon keinginan Pemprov Kaltim untuk menanggulangi banjir, karena selama  Pemkot Samarinda belum serius.

"Kalau tidak kita dorong-dorong selalu ada berbagai macam alasan, masalah anggaran,  bingung programnya dan masalah-masalah lainnya," ujar Edy Kurniawan.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019