Satuan Karya Pramuka atau Saka Wira Kartika Komando Distrik Militer (Kodim) 0913/Penajam Paser Utara akan menjadi wakil Provinsi Kalimantan Timur-Kalimantan Utara (Kaltimtara) pada kegiatan Persami tingkat nasional, kata Komandan Kodim (Dandim) 0913 Letkol Inf Mahmud.

"Saka Wira Kartika Kodim 0913/Penajam Paser Utara akan dipersiapkan untuk mewakili Saka Wira Kartika Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman Kaltim-Kaltara ke tingkat pusat," jelas Mahmud ketika ditemui, Senin.

Pramuka binaan Kodim 0913/Penajam Paser Utara tersebut berhak mewakili Provinsi Kaltim-Kaltara setelah menempati peringkat pertama pada Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Komando Resor Militer atau Korem 091/Aji Surya Natakesuma Kaltim-Kaltara.

Pada Persami yang digelar pada 29 hingga 30 Juni 2019 tersebut menurut Mahmud, 30 anggota Saka Wira Kartika Kodim 0913/Penajam Paser Utara, berhasil meraih prestasi menjadi juara umum tingkat daerah Kaltim-Kaltara.

Dalam kegiatan Persami yang berlangsung di lapangan tembak Markas Yonif 611/Awang Long Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara tersebut Saka Wira Kartika Kodim 0913/Penajam Paser Utara menjadi juara pertama dengan meraih nilai 710.

"Berkat doa dan juga kerja keras adik-adik dalam Persami itu, dapat menempati peringkat pertama dari 26 Sangga Putra dan Putri dari 13 Koordinaror Cabang (Korcab) Kodim yang berada di bawah wilayah Korem 091/ASN," ujar Mahmud.

Semua prestasi yang diraih tersebut lanjut Dandim, juga tidak lepas dari arahan pelatih dan pembimbing, pamong serta kakak-kakak pembina Saka Wira Kartika Kodim 0913/Penajam Paser Utara.

Kegiatan dan pelatihan yang diberikan oleh pembina maupun kakak pembina kepada anggota Saka Wira Kartika Kodim 0913/Penajam Paser Utara tersebut tambah Dandim, antara lain senam pagi, bela negara serta peraturan baris berbaris.

Pelatihan keterampilan bidang matra darat meliputi krida navigasi pioner, montainering, survival, serta penanggulangan bencana juga diberikan kepada anggota Saka Wira Kartika Kodim 0913/Penajam Paser Utara itu.

"Bisa meraih juara umum Persami tingkat Provinsi Kaltim-Katara merupakan prestasi yang gemilang Saka Wira Kartika Kodim 0913/Penajam Paser Utara." ucap Mahmud.

Dandim bersyukur atas raihan prestasi tersebut, dan berterima kasih atas kerja keras para anggota Saka Wira Kartika Kodim 0913/Penajam Paser Utara sehingga dapat mengikuti Persami di tingkat nasional.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019