Sangata (ANTARA News Kaltim) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalimantan Timur menargetkan meraih dua emas pada Pekan Olahraga Nasional PON XVIII Riau 2012, meski hanya meloloskan empat pembalapnya.

"Target yang diusung adalah mempertahankan dua medali emas seperti yang pernah diraih pada PON XVII 2008 di Kaltim," kata Wakil Manajer Tim Balap Motor Kalimantan Timur, Kasmidi Bulang, di Sangata, Minggu.

Empat pembalap yang lolos membela Kalimantan Timur PON XVII Riau 2012 adalah Fitriansyah Kete dan Rudi Salim serta Rimonaq Franandus dari Kutai Barat dan Dwi Chandra dari Kutai Timur. Mereka memastikan lolos setelah hasil pra PON.

Di ajang Pra PON yang digelar di Sirkuit Sentul Internasional Karting, Bogor, Jawa Barat, 24-26 November 2011, Kette menggunakan satu jenis merek Yamaha dan finis di urutan ke-3 kelas 115 cc, sedangkan Rudi Salim finis di urutan ke-7 pada kelas 125 cc.

Kasmidi Bulang mengatakan, meski di PON Riau hanya melombakan empat nomor, Kalimantan Timur tetap pasang target dua medali emas. Target ini peluang sangat terbuka, mengingat pada PON XVII Kaltim 2008 merebut tiga medali emas.

Saat ini, atlet balap motor sedang mengikuti training center (TC) dengan mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) yang dilaksanakan IMI di berbagai kota di Kalimantan Timur, selain mengikutkan mereka dalam Open Race, yang dilaksakan di berbagai kota.

"IMI Kalimantan Timur juga mengirim mengikuti berbagai kejuaraan Provinsi di luar Kaltim, sebagai pembinaan berkesinambungan, dalam rangka meningkatkan pengalaman dan keterampilan sebelum tampil di PON pada September 2012," kata Kasmidi Bulang.

Kasmidi Bulang yang juga Ketua Komisi III DPRD Kutai Timur yang berhasil membawa Kaltim meraih medali emas di cabang bermotor PON Kaltim 2008, mengatakan, menghadapi PON Riau, persiapan dilakukan dengan serius.

Dikatakan Kasmidi Bulang, kekuatan Olahraga Balap Motor saat ini hampir merata, namun sebagai tuan rumah terkadang akan menjadi kuda hitam bagi pembalap luar.

"Kami melihat pembalap tuan Riau akan menjadi kuda hitam nanti, mereka memiliki peluang cukup besar untuk meraih medali emas. Dan ini diwaspadi," kata Kasmidi, Sekretaris DPD Partai Golkar Kutai Timur. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012