Samarinda  (ANTARA News Kaltim) - Ribuan warga mengikuti kegiatan Jalan Santai Gembira dalam rangka Hari Jadi Kota Samarinda ke-344 serta Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota ke-52, Minggu pagi, di halaman Gedung Olahraga Segiri.

Kegiatan Gerak Jalan Santai Gembira itu menempuh jarak sekitar lima kilometer yang dimulai dari halaman parkir GOR Segiri, Kota Samarinda dan berakhir kembali di halaman parkir GOR Segiri.

Panitia menyediakan hadiah utama bagi para peserta berupa tiga unit sepeda motor dan banyak hadiah hiburan lainnya seperti televisi, lemari es, dispenser, kompor gas, DVD player, telepon genggam, dan lain-lain, yang diundi setelah acara gerak jalan tersebut.

Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail ketika membuka acara tersebut menyambut baik kegiatan yang melibatkan banyak partisipasi masyarakat Kota Tepian itu.

"Berbagai kegiatan dalam rangkaian Hari Jadi Kota Samarinda ke-344 dan HUT Pemkot Samarinda ke-52 lebih banyak didukung warga masyarakat dan dunia usaha di Samarinda. Dana panitia memang sangat terbatas namun dukungan semua pihak membuat semua acara HUT menjadi semarak," ujar Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail yang berpidato di atas panggung di hadapan peserta Jalan Santai Gembira.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para sponsor dan juga masyarakat yang pada Sabtu (28/1) malam telah sukses menyelenggarakan konser musik yang dihadiri sekitar 20 ribu warga Samarinda.

Dalam konser tersebut, tampil grup band legendaris Slank yang menghibur warga Samarinda dengan lagu-lagu andalannya yang sangat populer di telinga masyarakat Indonesia. Selain Grup Band Slank, acara itu juga dimeriahkan dengan tampilnya beberapa grup band lokal seperti Legen dan Pelangi.

"Semalam sekitar 20 ribu orang menghadiri konser musik Slank. Meski dihadiri 20 ribu orang, acara berlangsung aman dan tertib hingga selesai. Ini ciri khas Samarinda, sebagai kota damai dan tertib," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Nusyirwan Ismail juga mengajak warga Kota Samarinda untuk melakukan kegiatan gotong- royong di rumah masing-masing, di halaman dan membersihkan parit-parit di depan rumah, agar saluran air lancar dan terhindar dari banjir.

"Pemerintah Kota Samarinda juga akan melakukan upaya-upaya untuk mengatasi banjir. Secara bertahap kita akan kurangi banjir di Samarinda, dan untuk itu dukungan masyarakat sangat diperlukan, seperti membuang sampah pada tempatnya serta membersihkan saluran air," ujarnya.

Kegiatan jalan Santai tersebut disiarkan langsung oleh Antara News Radio dan Radio Samarinda FM (radio komunitas Badan Narkotika Kota Samarinda) sebagai bentuk partisipasi dalam memeriahkan HUT Kota Samarinda. (*)

Pewarta: Arief

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012