Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi kedua kalinya berkunjung ke Provinsi Kaltim, secara khusus melihat pengelolaan Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI) Kaltim dan Pusat Pembinaan Latihan Olahraga (PPLP) Kaltim.


Dikatakan, kunjungannya tersebut utamanya untuk menyemangati para atlet dan pelatih calon duta olahraga Kaltim dan Indonesia di kancah internasional.

Selain itu dengan kunjungan tersebut dia dapat  melihat bagaimana penanganan pemerintah daerah terhadap pengelolaan SKOI, mengingat pengelolaannya melibatkan beberapa instansi seperti Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim.

"Dengan melihat langsung dan berdiskusi dengan para atlet dan pelatih kita bisa mengetahui kekurangan dan kendala dalam proses pembinaan. Kita berharap SKOI dapat dikelola dengan baik agar menghasilkan atlet berprestasi," ujarnya ketika ditemui wartawan disela kunjungannya, di Gedung SKOI Kaltim Kompleks Stadion Utama Kaltim, Palaran, Samarinda, Selasa (21/5).
Suasana Kunjungan Menpora Imam Nahrawi ke SKOI Kaltim, di Kompleks Stadion Utama Kaltim, Palaran, Samarinda, Selasa (21/5). Nampak atlet SKOI Kaltim menunjukan kebolehannya sesuai cabang olahraga masing-masing.


Setelah berdiskusi, dia mengaku senang dengan semangat dan harapan anak-anak didik SKOI tersebut. Masukan tersebut perlu menjadi perhatian ditindaklanjuti dengan melibatkan pemangku kepentingan terkait, termasuk masyarakat dan dunia usaha.

Diantaranya terkait pemenuhan kebutuhan nutrisi, gizi, dan biaya uji tanding dan tanding keluar yang diharap dapat dukungan masyarakat dan dunia usaha, termasuk sponsor. Tidak terkecuali perlu menjadi perhatian terkait peningkatan kapasitas pelatih SKOI dan PPLP agar menjadi pelatih bertaraf internasional.

"SKOI tersebar di 34 provinsi PPLP juga. Disinilah sesungguhnya "kawah candradimuka" lahirnya atlet masa depan Indonesia. Ditangan merekalah lahir cita-cita besar Indonesia meninggikan Merah Putih dan Mengumandangkan Lagu Indonesia Raya di kancah dunia. Mereka yang akan meneruskan senior mereka berjuang di kancah ASEAN GAMES dan mengukir sejarah terpenting di Olimpade. Karenanya harus disemangati dan diberi perhatian," tegasnya.

Menpora sendiri melakukan kunjungan didampingi Plh Asisten I Sekprov Kaltim, M. Sabani yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, serta jajaran Dispora Kaltim, dan KONI Kaltim

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019