Bontang  (ANTARA News Kaltim) - Dengan pengetatan anggaran sejak awal 2011, kinerja dan prestasi PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) tak berarti menurun, tetapi mampu berprestasi dalam kesederhanaan.

"Tahun 2011 ini sederatan penghargaan berhasil diukir oleh PT Pupuk Kaltim," kata Direktur Utama PT PKT, Aas Asikin Idat pada acara Tutup Tahun Produksi 2011 di Bontang, Sabtu.

Contoh prestasi terakhir di gelar Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Forum Humas BUMN, dan Majalah BUMN Track pada tanggal 1 Desember 2011 PKT berhasil meraih penghargaan sebagai BUMN dengan Inovasi SDM terbaik di ajang Anugerah BUMN 2011 menyisihkan 69 BUMN lainnya.

"Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil menciptakan, mengembangkan dan menerapkan praktik-praktik baru dalam manajemen SDM berbasis kompetensi," kata Aas.

Pada ajang yang sama Pupuk Kaltim juga berhasil menyabet 3 kategori Inovasi Pelayanan Publik Terbaik, berkat pelayanan yang baik dalam menjalankan kewajiban pelayanan publik (public service obligation /PSO) khususnya distribusi pupuk urea bersubsidi.

"Pada 21-24 November 2011, PKT memperoleh kategori Very Good untuk 2 gugus GKM/PKM dan 1 gugus SS serta memperoleh kategori Good untuk 1 gugus SS dari 4 gugus yang dikirimkan dalam Konvensi Mutu Holding IV di PT Pupuk Kujang,? ujar Aas.

Pada 28 Nopember 2011-2 Desember 2011, PKT juga meraih 2 penghargaan platinum dan 2 emas dari 4 gugus yang dikirim --Maxi, Aqua Regia, Tim Inti dan Butir Rejeki-- pada TKMPN (Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional) ke-15 di Makassar.

Penghargaan CSR juga diberikan Pemkot Bontang atas partisipasinya dalam pembangunan Kota Bontang pada bulan Oktober 2011.

Predikat Excellent juga di raih PKT di bidang Mutu pada tanggal 11-14 September 2011 dalam konvensi IQCC yang diselenggarakan oleh Union of Japanese Scientists and Engineers (JUSE) di Yokohama Jepang.

"Dalam ajang Annual Report Award (ARA) 2010, berhasil diraih gelar Juara ke I Kategori Private Non Keuangan Listed, pada September 2011," terang Dirut PKT ini.

Prestasi lainnya, PKT meraih score 523 atau level Good Performance dalam penerapan Malcom Baldrige Criteria for Performance Execelence, berdasarkan hasil asessment oleh Indonesia Quality Award Foundation (IQAF), kita memperoleh hasil yang sangat baik karena melampaui perolehan tahun 2010 yaitu 487.

"Pada HUT Provinsi Kaltim, Pupuk Kaltim meraih penghargaan Terbaik I Responde Kooperatif Terbaik pada awal tahun 2011," pungkas Aas.  (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011