Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda akan menggelar berbagai kegiatan lomba seni dan budaya dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) kota itu ke-344 dan pemerintah kota ke-52 yang jatuh pada 21 Januari 2012.

"Berbagai kegiatan rangkaian HUT Samarinda, selain sebagai bentuk hiburan, juga sebagai ajang pendidikan bagi masyarakat," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, HM Faisal, di Samarinda, Selasa.

Ia mengatakan, salah satu kegiatan yang digelar pada 7 hingga 15 Januari adalah Samarinda "Book Fair" sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat dengan tujuan agar masyarakat gemar membaca, dan buku-buku telah disediakan oleh sebanyak 25 penerbit dari Pulau Jawa.

Diakuinya bahwa minat baca masyarakat Samarinda masih kurang, namun jika dikombinasikan dengan hiburan, maka akan menarik minat masyarakat untuk membaca dan melihat pameran sejumlah buku yang dipusatkan di halaman parkir GOR Segiri Samarinda.

Selain itu, pada 21 Januari 2012 akan digelar "game online" di antaranya diadakan lomba bloger tentang Kota Samarinda yang online secara sarentak dan diikuti sebayak 2.012 peserta. "Acara ini diharapkan dapat memacahkan rekor MURI," ujarnya.

Menurut dia, acara lomba itu didukung dari sejumlah siswa yang berbasis pendidikan Information Technology (IT) dan multimedia. Pada hari itu juga rencananya akan digelar pameran dan seminar tentang IT.

Menurut Faisal, rangkaian HUT Kota Samarinda juga melibatkan seluruh ibu-ibu PKK kelurahan yang diajarkan mengenai Teknologi Informasi (TI) seperti cara membuat email dan blog.

"Kenapa sasarannya kaum ibu karena selama ini mereka banyak kurang paham tentang IT. Harapannya kaum ibu bisa lebih pintar, paling tidak mengetahui IT, maka akan memotivasi para anaknya tentang IT," ujarnya.

Faisal menambahkan selain kegiatan berupa pengetahuan juga digelar kegiatan berupa pawai (Karnaval) etnik budaya dengan tema "Samarinda Berbudaya" yang menggambarkan bahwa Samarinda miniaturnya Indonesia. Kegiatan karnaval itu dilombakan baik untuk kelompok maupun perorangan.

Kegiatan hiburan lainnya untuk masyarakat adalah panggung hiburan di Samarinda Squre, berupa festival reog, barongsai, campur sari, wayang kulit, parade budaya dan ekspo produk unggulan Samarinda.

Selanjutnya pada malam harinya tanggal 21 Januari dilaksanakan foto model memperebutkan Piala Wali Kota Samarinda dan mendatangkan penyanyi "cherry bell" dan runer up putri Indonesia.

"Di malam penutupan puncak acara pada tanggal 28 Januari sebagai hiburan kepada masyarakat, menghadirkan kelompok band legendaris Slank," kata Faisal.  (*)



Pewarta: Rahmad

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011