Sebanyak enam rumah warga Desa Muara Adang Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser  rusak parah  akibat dihantam angin puting beliung  pada Jumat (5/4) sekitar pukul 15.45 wita.


Laporan yang disampaikan Camat Long Ikis Lukman Dharma, rumah warga yang rusak itu akibat dihempas gelombang yang digerakkan angin puting beliung.

"Ada empat rumah rusak parah, dua rusak ringan dan tidak ada korban. Kejadian angin puting beliung sekitar pukul 15.45," kata Camat Long Ikis Lukman.

Peristiwa pergerakan angin puting beliung sempat direkam warga dan diunggah melalui  media sosial. Dalam video berdurasi 25 detik itu, nampak awan gelap menyelimuti sebagian langit Muara Adang. 

Di bawah awan gelap terlihat dari  kejauhan angin puting beliung berputar putar dan menggerakan permukaan air laut hingga membentuk gelombang dan menghantam pemukiman warga. Terdengar suara histeris warga ketika gelombang itu menghantam rumah warga di pemukiman itu.

Menurutnya Lukman Desa Muara Adang merupakan salah satu desa pesisir yang berada di daerah Teluk Adang. Selama ini jarang terjadi angin puting di desa itu, biasanya  hanya cuma air pasang.

"Warga yang rumahnya rusak sementara ini menetap di rumah keluarganya. Informasi kepala Desa setempat yang diterima camat Long Ikis bahwa aparat desa masih  melakukan pendataan,mungkin lengkapnya bisa diketahui besok," Kata Lukman.

Kondisi pasca musibah angin puting beliung saat ini sudah kembali normal. Warga mulai memperbaiki kerusakan yang menimpah rumah mereka. 

Meskipun kondisi sudah aman setelah kejadian itu, namun warga masih berjaga untuk mengantisipasi kemungkinan kejadian serupa. (MC Kominfo  Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019