Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Samarinda telah melaksanakan kegiatan pengesetan kebutuhan logistik Pemilu 2019, untuk memudahkan pendistribusian di tiap jenjang baik Kecamatan, Kelurahan, hingga Tempat Pemungutan Suara ( TPS).

 

Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat kepada awak media di Samarinda, Minggu, menjelaskan, sejumlah logistik Pemilu seperti surat suara yang telah dilipat dan disortir, tinta, formulir dimasukkan langsung dalam kotak suara untuk memudahkan pendistribusian.

"Kami mengeset logistik tersebut perdaerah pemilihan, kami data logistik yang sudah lengkap dulu, dan sembari menunggu kedatangan logistik lainnya yang belum lengkap, kami telah pilah-pilah sesuai kebutuhan," jelasnya usai mengecek kegiatan pengesetan Logistik Pemilu, di Komplek Pergudangan, Sungai Kunjang Samarinda.

Menurut dia, logistik Pemilu yang saat ini masih ditunggu kedatangannya dari KPU Provinsi Kaltim yakni formulir rekapitulasi suara.

"Kami juga masih menantikan pergantian surat suara yang rusak saat disortir yakni sebanyak 569 lembar, kami sudah melaporkan kekurangan tersebut ke KPU Provinsi," jelasnya.

Sementara itu, Komisoner KPU Samarinda, Dwi Haryono menambahkan setelah pengesetan logistik di tingkat kota telah ranpung, pihaknya akan segera menjadwalkan distribusi logistik di tingkat kecamatan.

Sejauh ini, pihaknya menjadwalkan H-4 pencoblosan 17 April 2019, logistik Pemilu tersebut telah terdistribusi ke masing- masing kecamatan.

Namun lanjut Dwi, terkait kapasitas gudang yang dimiliki KPU Samarinda, bisa jadi sejumlah logistik akan dikirim duluan di beberapa kecamatan yang tingkat keamanannya telah terjamin, untuk menghindari penumpukan logistik di Gudang KPU.

"Untuk selanjutnya  PPK di tingkat kecamatan yang akan meneruskan distribusi tersebut ke masing- masing kelurahan, estimasinya H-1 sebelum pencoblosan," tegasnya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019