Sangata (ANTARA News Kaltim) - Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siradj akan hadir memberikan tausiyah dalam acara Tabliqh Akbar yang diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kutai Timur, di Masjid Agung Bukit Pelangi, Sangata, Kamis (15/12).

Ketua Panitia Tabligh Akbar, H Abdullah Fauzie, di Sangata, Kutai Timur, Senin (12/12) mengatakan, pihaknya mengundang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KH Siad Agil dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1433 Hijriah.

"Hari ini, rapat panitia Panitia Hari Besar Islam dan panitia Tablig Akbar, di ruang Erau, Kantor bupati, dan diketahui Ketua umum PHBI KH. Said Agil akan hadir," katanya.

Pihaknya berharap agar ulama besar dan tokoh Islam nasional itu memberikan kesejukan dan apa yang disampaikan bermanfaat bagi masyarakat Kutai Timur pada umumnya.

Menurut Abdul Fauzie, yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kutai Timur, acara tabligh akbar ini digelar sebagai puncak peringatan tahun baru Islam, akan dihadiri sekitar 6 ribu orang, dan dipusatkan di masjid agung, yang merupakan masjid terbesar dan termegah di Kutai Timur.

"Sebanyak enam ribu warga Muslim diperkirakan akan hadir dalam acara puncak tahun baru Islam ini, seperti kelompok majelis taklim, organisasi Islam dan pemuka agama islam," katanya.

Enam ribu orang itu belum termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berjumlah 3 ribu serta Tenaga Honorer 1.500 orang, serta umat muslim yang berada di Kutai Timur.

Jadi diperkirakan akan dihadiri sekitar 8 hingga 9 ribu hingga sembilan ribu umat Islam hadir mendengar tausiyah Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siradj.

Panitia sengaja membuat acara pada pagi hari pukul 09.00 Wita, agar para PNS yang memang berada di kawasan bukit pelangi hadir dalam acara ini, sesuai arahan wakil bupati Ardiansyah Sulaiman.

Fauzie mengatakan, bagi umat muslim yang ingin menghadiri acara tetapi tidak memiliki kendaraan tidak perlu khawatir, karena panitia menyiapkan puluhan kendaraan dan bus antar jemput.

"Panitia sudah bekerja sama dengan pihak swasta dan bus pemerintah untuk antarjemput, di simpang tiga jalan pendidikan, atau depan SMP dan SMA Sangata Utara. Jemputan mulai pukul 07.00 wita hingga pukul 11.00 wita," katanya.  (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011