Sebanyak 951 ribu surat suara tiba di KPU Paser, Kamis (27/2) pagi, ribuan surat suara tersebut merupakan surat suara Pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon Anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Kaltim, dan DPRD Kabupaten setempat. 


Pendistribusian surat suara disaksikan Bawaslu Paser, aparat Kepolisian serta dijaga sejumlah anggota Brimob.

Ketua KPU Paser Eka Yusda Indrawan mengatakan terdapat 4 truk telah tiba di Tanah Grogot pagi ini. 

"Ada empat truk logistik surat yang membawa 1.624 boks mencakup surat suara untuk lima pemilihan total surat suara 951 ribu,” katanya.

Surat suara yang didistribusikan itu akan digunakan oleh pemilih yang sudah ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap tambahan (DPTb) yakni sebanyak 188.845 orang.

"Setelah ini kita lakukan penyortiran dan pelipatan. Kita akan bekerja keras secepatnya untuk dibagi berdasarkan daerah pemilihan. Di sini kita punya 4 daerah pemilihan," katanya.

Adapun kekurangan surat suara dapat segera diketahui setelah pihaknya melakukan penyortiran dan pelipatan.

"Kekurangan surat suara bisa diketahui nanti, mungkin ada surat suara yang rusak. Makanya nanti kekurangan akan segera kami laporkan ke KPU paling lambat H-30 kekurangan surat suara didistribusikan," katanya.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Paser Aprianto Abdullah menyatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan pendistribusian hingga tahap pensortiran dan pelipatan surat suara.

"Ini kita lakukan pengawasan melekat hingga tahap pelipatan harapannya semoga pendistribusian logistik berjalan lancar," ujar Aprianto (MC/Kominfo Paser)

Pewarta: R.Wartono/MC Kominfo Paser

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019