Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Kontingen Kalimantan Timur, hingga Kamis pagi, masih memimpin perolehan medali sementara Sukan Borneo IV 2011 di Samarinda, Kaltim, dengan 27 medali emas, 8 perak dan 8 perunggu.

Peringkat kedua ditempati Kalimantan Barat dengan 5 emas, 12 perak dan 4 perunggu, sedangkan peringkat ketiga oleh Kalimantan Selatan dengan 1 emas, 4 perak dan 1 perunggu.

Negara tetangga Brunei Darussalam menempati peringkat keempat dengan 1 emas, 2 perak dan 4 perunggu disusul Sabah Malaysia (0,3,6), Labuan Malaysia (0,2,5), dan Kalimantan Selatan (0,0,1).

Ketua Bidang Pertandingan PB Sukan Borneo Ego Arifin mengatakan, sukses Kaltim memimpin perolehan medali hingga hari ketiga tidak lepas dari prestasi yang dicapai masing-masing cabor yang rata-rata mendapatkan medali emas.

Bahkan atlet pencak silat Kaltim sukses menyumbangkan delapan medali emas dan hampir menyapu bersih seluruh medali emas yang dipertandingkan pada hari ketiga.

"Dari 11 kelas hanya tiga atlet yang mendapatkan perunggu, lainnya medali emas semua," papar Ego.

Untuk cabang Biliar, Kaltim juga menyapu bersih medali dari tiga nomor yang dipertandingkan, pebiliar Kaltim merebut tiga emas dan satu perunggu.

Cabang Layar yang dipertandingkan di Kabupaten Berau, juga terjadi dominasi atlet Kaltim dengan raihan empat emas, dan dua perunggu.

"Hampir semua cabang bisa mendapatkan emas, ini merupakan prestasi luar biasa pastinya dalam rangka persiapan kita menyongsong PON 2012," jelas Ego.

Beriku perolehan medali pada Sukan Borneo, Rabu (7/12), untuk cabang anggar Kaltim memperoleh 2 emas, 2 perak dan 4 perunggu, sedangkan Kalbar memperoleh 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Untuk cabang biliar, Kaltim 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu, Kalbar 2 perak dan 1 perunggu, Kalsel 1 perunggu.

Untuk cabang bulutangkis, Kaltim 1 emas dan 1 perak, Kalsel 1 emas dan 1 perak, Kalbar 1 perunggu dan Sabah 2 perunggu. Cabang layar, Kaltim dengan 4 emas dan 2 perunggu, Labuan 2 perak dan 2 perunggu, Kalbar 1 perak, kalsel 1 perak. Untuk cabang pencak silat, Kaltim 8 emas dan 3 perak, Kalbar 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu, Serawak 2 perak dan 3 perunggu, Brunei 2 perak dan 3 perunggu, Labuan 3 perunggu,.

Sedangkan untuk sepak takraw, Brunei meraih satu emas, Kalsel 1 perak, Kaltim 1 perunggu dan Serawak 1 perunggu. Untuk cabang gasing, Kaltim meraih 2 emas, Serawak 1 perak dan 1 perunggu, Kalsel 1 perak, Brunei 1 perunggu. Untuk cabang Sumpit, Kaltim meraih 7 emas, 1 perak, Kalbar 1 emas dan 7 perunggu, Serawak 8 perunggu.

Sejumlah cabang dipertandingkan pada Kamis ini yakni anggar pada enam nomor beregu yang merupakan pertandingan hari terakhir, serta kempo, atletik, tenis, dan sepak bola.  (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011