Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Sebanyak 285 atlet akan memperkuat Kontingen Provinsi Kalimantan Timur pada pesta olahraga serumpun Sukan Borneo IV di Samarinda, 4-11 Desember 2011.

"Kaltim menurunkan jumlah kontingen terbanyak di antara peserta lainnya. Karena itu, target kita dalam Sukan Borneo adalah juara umum," ujar Ketua Kontingen Sukan Borneo dan Pra PON Kalimantan Timur (Kaltim) Zuhdi Yahya, dalam laporan kepada Sekprov Kaltim Irianto Lambrie saat melepas kontingen Sukan Borneo dan Pra PON 2011 di halaman KONI Kaltim, Samarinda, Sabtu.

Dalam Sukan Borneo tersebut, terdapat 13 cabang olahraga yang akan dipertandingkan yakni atletik, layar, biliar, bulutangkis, futsal, kempo, anggar, pencak silat, sepakbola, sepak takraw, dan tennis, serta dua olahraga tradisional gasing dan sumpit.

Jumlah total 285 anggota kontingen Kaltim itu terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial.

Secara terpisah, Ketua Pelaksana Panitia Sukan Borneo dan Festival Japin 2011, Sigit Muryono mengatakan, jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan olahraga multieven tersebut mencapai 693 orang yang terdiri dari negara-negara dan provinsi di Pulau Kalimantan.

Peserta itu adalah dari negara bagian Malaysia seperti Sabah, Serawak, dan Labuan. Kemudian ada pula peserta dari Brunei Darussalam yang letak negaranya berada di kepala Pulau Kalimantan yang berbentuk itik itu.

Daerah lain yang juga akan meramaikan Sukan Borneo dan Festival Japin 2011 adalah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Seluruh atlet diinapkan di Hotel Atlet, Kompleks Stadion Madya Sempaja, Samarinda. Sedangkan lokasi pertandingan juga dipusatkan di Stadion Madya Sempaja, kecuali cabang olahraga layar yang digelar di kepulauan Derawan, Kabupaten Berau.

Mengenai kesiapan wasit dan juri, Sigit menyebutkan wasit yang akan digunakan dalam even ini adalah wasit dengan sertifikat internasional, namun yang diutamakan adalah wasit lokal dengan sertifikat internasional, sedangkan selebihnya akan disiapkan dari daerah lain. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011