Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Kontingen Provinsi Kalimantan Timur bertekad merebut gelar juara umum pada pesta olahraga serumpun Sukan Borneo IV di Samarinda, 4-11 Desember 2011.

"Dengan kekuatan atlet 285 orang, yang merupakan kontingen terbanyak pada Sukan ini, kami berharap atlet Kaltim bisa mewujudkan prestasi terbaiknya, apalagi kita diuntungkan sekarang sebagai tuan rumah," terang Wakil ketua I KONI Kaltim, Zuhdy Yahya, pada pelepasan atlet Sukan Borneo dan Pra PON di Samarinda, Sabtu.

Dikatakan Zuhdy, dengan kekuatan "full tim" atlet Kaltim akan mengikuti semua cabang yang dipertandingkan pada Sukan, termasuk dua cabang tradisional, menyumpit dan gasing.

"Secara keseluruhan ada 13 cabang pertandingan Sukan IV, diantaranya termasuk cabang menyumpit dan gasing yang menjadi olahraga budaya masyarakat Borneo," terang Zuhdy Yahya.

Cabang atletik lanjut Zuhdy merupakan cabang dengan atlet terbesar, karena tim Kaltim sendiri menyiapkan 36 atlet terdiri dari 18 atlet putri dan 18 atlet putra.

Sedangkan cabang yang paling sedikit melaksanakan pertandingan yakni cabang Billiar dengan lima nomor pertandingan, terdiri dari tiga nomor nine ball putra dan dua nomor nine ball putri.

"Semua cabang telah mempersiapkan atletnya dalam waktu yang cukup, mudah-mudahan mereka bisa melaksanakan pertandingan dan berhasil mewujudkan prestasi," terang Zuhdy.

Pada Sukan IV yang akan dibuka Minggu (4/12i Stadion Sempaja itu mempertandingkan 13 cabang olahraga, di antaranya anggar, atletik, biliar, bulutangkis, kempo, layar, silat, bola, futsal, sepak takraw, tenis dan dua cabang tradisional yakni gasing dan sumpit.

Sejumlah negara tetangga telah memastikan sebagai peserta di antaranya Brunei, negara bagian Malaysia seperti Serawak, Labuhan dan Sabah, dan provinsi di rumpun Borneo seperti Kalteng, Kalbar, Kalsel dan provinsi Sulawesi Selatan sebagai tamu kehormatan.  (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011