Samarinda (Antaranews Kaltim) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur merencanakan peresemian Jalan Tol Samarinda- Balikpapan bisa dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Plt Sekda Prov Kaltim Meiliana kepada awak media di Samarinda, Rabu, mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan Staff Kepresidenan terkait kehadiran Jokowi di Kaltim.

Menurut Meiliana peresmian jalan yang menghubungkan Kota Samarinda dan Kota Balikpapan itu dijadwalkan pada bulan April 2019.

"Targetmya sebelum April harus dituntaskan karena staf kepresidenan mendorong agar lebib cepat, Presiden yang akan meresmikan April nanti," kata Meiliana di Kantor Gubernur Kaltim Jl Gajah Mada Samarinda Kalimantan Timur, Rabu.

Sejauh ini jalan tol Balikpapan-Samarinda masih terus dikebut pengerjaannya. Progres jalan tol sepanjang 99,35 kilometer ini sudah mencapai hampir 85 persen. 

Berdasarkan rapat dan tinjauan terakhir pada 22 Januari silam, jalan tol pertama di Kalimantan ini diharapkan bisa rampung pada April 2019 mendatang. 

Ia menambahkan sebelum meresmikan jalan tol, Presiden direncanakan bakal meninjau progres jalan tol V segmen ini pada bulan depan. 

Tinjauan tersebut bertepatan dengan kunjungan Presiden ke Balikpapan dalam rangka membuka kegiatan Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi), 20 Februari di Balikpapan. 

"Tanggal 20 Februari Nanti Presiden membuka Acara Forsesdasi. Rencananya sekalian meresmikan Waduk Teritip dan membagikan 5 ribu sertifikat tanah di Balikpapan. Presiden juga menyoroti tol Balikpapan-Samarinda, rencananya juga akan ditinjau," ungkap Meiliana. 

Menurut Meiliana jalan tol dengan lima seksi ini masih menyisakan sejumlah persoalan yang berkaitan dengan pembebasan lahan terutama yang masuk dalam kawasan hutan lindung. Sedangkan khusus untuk seksi IV dan V pengerjaannya masih terus dikebut.

"Kesimpulan dari rapat dengan Staf Kepresidenan tanggal 22 Januari itu meminta agar segera mempercepat penyelesaian jalan tol Balikpapan-Samarinda terutama yang berkaitan dengan pembebasan lahan, lingkungan, dan kehutanan," ucap Meiliana. 

Pembangunan tol Balikpapan-Samarinda dilakukan sejak tahun 2011. Ada lima seksi pengerjaan tol tersebut. Seksi I bermula dari Km 13-Samboja. Sedangkan seksi II dari Samboja Kutai Kartanegara hingga Palaran I-Samarinda.

Seksi III mulai Samboja hingga Palaran II, dan Seksi IV dari arah Palaran ke Jembatan Mahkota II Samarinda, serta Seksi V dari Manggar-Balikpapan ke Km 13. 

Jalan tol dibangun menggunakan dana APBD Kaltim sebesar 1,5 Triliun. Dana dari PT Jasa Marga Balikpapan-Samarinda (JBS), serta APBN dan Loan Cina. (*)


 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019