Samarinda (ANTARA News Kaltim) - KONI Provinsi Kalimantan Timur bakal memberikan apresiasi kepada atlet daerah yang berhasil merebut medali pada SEA Games XXVI 2011 di Palembang dan Jakarta.

Wakil Ketua II KONI Kaltim Ego Arifin di Samarinda, Senin, mengatakan, apresiasi itu sebagai bentuk penghargaan kepada pahlawan Indonesia di even Internasional dua tahunan tersebut.

"Saat ini mereka memang mewakili Indonesia di ajang SEA Games, namun kedepan mereka tetap menjadi salah satu aset daerah pada PON 2012," jelas Ego Arifin, Wakil Ketua II KONI Kaltim bidang prestasi.

Meski sinyalemen pemberian tali asih dalam bentuk Rupiah, namun Ego masih menyangkal bahwa itu adalah pemberian bonus.

Sebab, kata Ego, selain atlet berprestasi, KONI juga memberikan penghargaan kepada atlet dan pelatih SEA Games dari Kaltim yang gagal meraih medali.

"Nominalnya masih kita rahasiakan, karena kita akan bagi begitu mereka sudah tiba di Kaltim," tegas Ego.

Partisipasi atlet Kaltim di kancah SEA Games 2011, cukup berperan dalam pendulangan medali bagi tim Indonesia.

Sejauh ini dari data sementara sekretariat KONI menyebutkan dari 54 atlet Kaltim yang berlaga di SEA Games, memberikan kontribusi 11 medali emas, puluhan perak dan perunggu.

Cabang olahraga yang turut menyumbangkan medali emas diantaranya gulat dengan tiga emas, sepatu roda dua emas, berkuda dua emas, angkat berat dua emas, menembak satu emas dan pencak silat satu emas.

"Kami juga masih melakukan rekap peraih medali lainnya seperti perak dan perunggu, sebagai data entri untuk Bidang Prestasi, sekaligus persiapan pemberian tali asih ketika mereka sudah tiba di Kaltim," tegas Ego. (*)


Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011