Samarinda, (Antaranews Kaltim) - Tim gabungan Polresta Samarinda, Kalimantan Timur berhasil menangkap pelaku pemukulan seorang mahasiswi yang sedang menjalankan ibadah salat di Masjid Al Istiqomah, Jalan Pangeran Antasari, Samarinda Ulu, Samarinda pada peristiwa Jumat (28/12).

 

 Pelaku yang bernama Muhammad Juhairi itu diamankan oleh petugas di rumahnya, di Kecamatan  Sanga- Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, pada operasi yang digelar Rabu (2/1) sekitar pukul 14.00 wita.

Muhammad Juhairi sebelumnya pernah bekerja sebagai mekanik di salah satu perusahaan tambang, dan usai melakukan perbuatannya  sempat melarikan diri ke Kota Balikpapan dan Sangatta,  Kutai Timur.

Juhairi mengaku nekat memukul korban yang saat itu sedang menjalankan ibadah salat dzuhur lantaran berniat untuk mengambil tas korban.

"Saya lapar pak, saya ingin mengambil tasnya, karena belum makan,kalau ada uangnya saya hanya ingin mengambil 15 ribu atau 20 ribu untuk makan aja,” Ujar Juhairi di Kantor Polresta Samarinda, Rabu siang.

Usai memukul korban, Juhairi mengaku  langsung melarikan diri sejumlah daerah diantaranya Balikpapan, Bontang dan Kutai Timur.

"Saya sempat pulang ke rumah si Sanga- Sanga, disana saya pinjam motor tetangga, kemudian saya pergi ke Balikpapan, Bontang dan Kutim," terang Juhairi.

Kasat Reskrim Polresta Samarinda,  Kompol Sudarsono mengatakan bahwa kejadian ini merupakan kasus penganiayaan murni dan pelaku akan di jerat pasal penganiayaan 351 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

"Ini kasus penganiayaan murni, pelaku dijerat pasal 351, motifnya memang saat itu dia sudah tiga hari berada di Masjid jalan antasari, keberadaan dia disana untuk mencari pekerjaan, dua hari sebelum kejadian sudah habis uangnya, dia rencanya memang mau ngambil tas korban,” Ujar Sudarsono

Saat ini M Juhairi telah diamankan di Polresta Samarinda, untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Diketahui, telah beredar luas rekaman "Closed Circuit Television" atau CCTV di media sosial kejadian seorang wanita sedang menunaikan salat dan tiba- tiba dipukul oleh seorang laki- laki mengunakan balok kayu dari arah belakang.

Wanita tersebut terlihat sempat terjatuh dan kemudian berusaha bangun, namun pelaku menghantam kembali mengunakan balok untuk kedua kalinya.

Tayangan CCTV tersebut, ternyata terjadi di masjid  Al Istiqomah di Jalan Pangeran Antasari, Samarinda Ulu, Kota Samarinda pada peristiwa Jumat siang ( 28/12).

Wanita yang menjadi korban adalah Merrisa Ayu Ningrum seorang Mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kota Samarinda, pada peristiwa tersebut sedang menunaikan salat duhur.

Sedangkan identitas pelaku adalah Muhammad Juhairi warga Sanga- Sanga, Kukar, dan memang sempat tinggal beberapa hari di masjid tersebut dengan dalih sebagai musafir.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019