Tana Paser (Antaranews Kaltim)-Asisten Ekonomi pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan ketersedian pangan di daerahnya masih bergantung pada distribusi bahan pokok dari luar daerah.


"Ketersediaan stok pangan di Paser dipengaruhi distribusi dari luar daerah. Selama distribusi lancar, stok pangan di Paser menjelang Natal dan Tahun Baru aman," kata Ina Rosana usai mengikuti rapat Satgas Pangan di Mapolres Paser, Rabu (12/12).

Ina mengatakan harga kebutuhan pokok di Paser menjelang pertengahan desember relatif stabil.

Menurutnya 85 persen kebutuhan pokok yang dijual di daerah itu didatangkan dari luar daerah.
 
"Sampai pertengahan Desember harga kebutuhan pokok masih relatif stabil. Sekitar 85 persen pasokan barang dari luar daerah," ujar Ina.

Rapat yang dihadiri instansi terkait itu juga dihadiri perwakilan Kodim 0904, Kantor Seksi Logistik, sejumlah pelaku usaha, dan perwakilan PLN.

"Beras yang ada di Bulog sampai akhir Desember masih tersedia. Tabung gas subsidi 3 kg dan ketersedian BBM juga aman," tutur Ina.

Sementara itu, Kapolres Paser AKBP Roy Satya mengatakan rapat Satgas Pangan digelar untuk mensinergikan semua pihak guna memastikan ketersedian pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Rapat ini untuk mensinergikan agar ketersediaan pangan aman jelang Natal dan Tahun Baru," katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir akan ketersediaan pangan di daerah itu.

"Karena dari masing-masing instansi sudah memaparkan dan menjamin ketersediaan semua kebutuhan masyarakat,” kata Roy.

Dari pihak PLN lanjut Roy juga sudah memastikan ketersediaan listrik pada Natal. Meski demikian ia menghimbau kepada gereja untuk berjaga-jaga menyediakan genset, jika terjadi kendala teknis di lapangan. (*/Kominfo Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018