Samarinda, (Antaranews Kaltim) - Sebanyak 587 peserta akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur selama dua hari, yakni pada Jumat dan Sabtu (7-8/12) di Balai BKD Kaltim.

   

“Sebanyak 587 peserta yang akan mengikuti tes SKB CPNS ini
akan memperebutkan 328 formasi yang tersedia di lingkungan Pemprov Kaltim,” ujar Pj Sekprov Kalimantan Timur (Kaltim), Meiliana di Samarinda, Rabu.

Dia mengimbau, para peserta tes sebaiknya datang satu jam sebelum dimulainya ujian, karena kedatangan peserta akan direkam oleh sistem, sehingga jangan sampai sistem akan mencatat adanya keterlambatan oleh peserta.

Mei, panggilan akrabnya, mengingatkan kepada semua peserta tidak minta tolong agar bisa lolos dalam tes mendatang, karena memang tidak ada yang bisa menolong mengingat mulai tes SKD (Seleksi Komptendi Dasar) dan seterusnya menggunakan sistem komputerisasi. 

S
ebelum mengikuti tes SKB pada Jumat dan Sabtu mendatang, lanjut dia, sebelumnya peserta sudah melalui tahapan seleksi administrasi dan SKD, yakni menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang penyelenggaraannya difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dia menjelaskan, dalam penerimaan CPNS tahun 2018 di lingkungan Pemprov Kaltim, Kementerian PAN-RB memberikan kuota sebanyak 328, dengan rincian formasi untuk tenaga pendidik sebanyak 211 formasi, tenaga kesehatan 50 formasi, dan tenaga teknis 67 formasi.

"Formasi yang diberikan untuk Pemprov Kaltim ada 2 jenis, yakni Formasi Khusus dan Formasi Umum,” katanya.

Formasi Khusus adalah formasi untuk putra/putri lulusan terbaik dengan pujian (cumlaude) dengan maksimal 5 persen dari total alokasi formasi yang ditetapkan, kemudian penyandang disabilitas minimal 1 persen dari total alokasi formasi yang ditetapkan dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing instansi.

Sedangkan Formasi Umum adalah, untuk pelamar yang tidak termasuk dalam kriteria cumlaude dan penyandang disabilitas.

Menurut Mei, masih ada satu hari bagi peserta tes untuk belajar dan mempersiapkan diri menghadapi tes SKB. Kalau dibandingkan dengan formasi yang tersedia, maka dari 328 dengan peserta tes sebanyak 587 orang, ia nilai persaingannya tidak begitu ketat.

Dia juga mengimbau, setelah menjalani tes, peserta jangan percaya kepada siapa pun yang menjanjikan bisa menolong bisa lulus, karena semua itu tidak bisa dilakukan mengingat semuanya sudah dikunci oleh sistem dan link pada komputer mengait ke Kementerian Pendayagunaan Aparatu Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018