Samarinda (Antaranews Kaltim) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018?dengan kegiatan sosial yakni pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Kantor Gubernur Kaltim Jl Gajah Mada, Samarinda, Minggu pagi dan dibarengi dengan kegiatan olahraga massal yakni senam dan jalan sehat. 

Kepala Dinkes Kaltim Rini Retno kepada awak media di tempat acara, mengatakan tema yang diangkat pada peringatakan HKN ke-54 yaitu "Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita." 

"Saya sangat bersyukur masyarakat datang pada saat sehat, bukan saat sakit. Mereka antusias mencari informasi untuk memelihara kesehatan dan ikut aktivitas senam hingga jalan sehat dan memeriksakan kondisi kesehatannya," ujar Rini.

Menurut Rini, kegiatan ini diramaikan oleh sejumlah instansi kesehatan di Kaltim, Rumah Sakit, Puskesmas, hingga akademi keperawatan dan farmasi.

Ia mengatakan antusias masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam acara cukup banyak, bahkan untuk kegiatan senam jalan sehat saja mampu menghabiskan sekitar 5 ribu kupon.

"Kami ingin menyampaikan pesan ke masyarakat, bahwa hidup sehat berawal dari diri sendiri dan keluarga," tuturnya.

Pada acara tersebut, stand pemeriksaan kesehatan gratis menjadi yang paling diburu masyarakat. Stand ini menyediakan pemeriksaan kolesterol, gula darah, tensi, dan asam urat.

Stand pemeriksaan kesehatan Patelki Kaltim misalnya, dikunjungi hampir 200 masyarakat. 

Sedangkan stand pemeriksaan kesehatan RS Dirgahayu? mampu menarik sekitar 180 orang baik dewasa maupun anak muda. 

Salah satu peserta HKN, Sulastri mengaku senang karena dia dan keluarganya bisa mengecek kesehatan tanpa dipungut biaya. 

"Saya sering minum sirup dan minuman bersoda. Jadi tadi diperiksa gula darah agak tinggi. Saya disuruh banyak minum air putih dan kurangi minuman manis," katanya.

Ia berharap kegiatan ini bisa diadakan rutin tiap bulan agar masyarakat juga aktif memperhatikan kesehatannya.(*)


 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018