Penajam (Antaranews Kaltim) - Sedikitnya enam formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tidak ada pelamar atau peminat hingga pendaftaran CPNS 2018 melalui sistem dalam jaringan atau online resmi ditutup.

Sekretaris Verifikator Penerimaan CPNS 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairuddin saat dihubungi di Penajam, Senin, mengatakan, pendaftaran CPNS ditutup 15 Oktober 2018, ada enam formasi kosong pendaftar atau tidak ada peminat.

Dari 160 formasi, enam formasi diantaranya masih kosong atau tidak ada pelamar yang mendaftar pada enam formasi CPNS tersebut.

Formasi itu yakni, dokter gigi, dokter spesialis anastesi dan dua formasi untuk dokter sanitarian.

Formasi jalur khusus mahasiswa dengan predikat indeks prestasi kelulusan di atas 3,5 tidak pernah mengulang satu mata kuliah serta wisuda tepat waktu atau "cumlaude" untuk formasi perawat dan guru Agama Islam juga kosong atau tidak ada pelamar.

Sementara dari hasil verifikasi bekas pendaftar sebanyak 139 pelamar CPNS 2018 Penajam Paser Utara tidak memenuhi syarat dan dinyatakan gugur.

Menurut Khairuddin, banyak pelamar CPNS yang salah memilih jurusan serta terlambat menyetorkan berkas ke Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara hingga batas waktu yang telah ditetapkan 17 Oktober 2018.

Dari 139 pendaftar yang tidak memenuhi syarat dan dinyatakan gugur, 107 pelamar di antaranya tidak menyetorkan berkas dan 22 pendaftar terlambat menyetorkan berkas, serta 10 pendaftar melebihi batas usia serta tidak sesuai kualifikasi pendidikan.

Sementara sebanyak 2.186 dari 2.325 pendaftar CPNS 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara dinyatakan lolos tahap admnistrasi atau verifikasi berkas, dan berhak mengikuti tapahan seleksi CPNS 2018 selanjutnya.

"Mereka yang dinyatakan lulus tahap admnistrasi berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), kemudian yang lulus akan lanjut ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)," tambah Khairuddin yang juga Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Penajam Paser Utara tersebut.

Proses seleksi atau tes CPNS 2018 Penajam Paser Utara, SKD maupun SKB mengunakan sistem CAT (computer assisted test) dan diikuti tahapan lainnya seperti wawancara sesuai kebutuhan instansi terkait. (*)

 

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018