Penajam (Antaranews Kaltim) - Pembagian kartu peserta tes calon pegawai negeri sipil formasi tenaga pendidik Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sempat diwarnai kericuhan karena peserta berdesak-desakan berebut nomor antrean.

Pembagian kartu peserta tes CPNS (calon pegawai negeri sipil) hari keempat, Kamis itu terjadi dorong mendorong pada saat panitia bersama personel Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP mulai membagikan nomor antrean pengambila kartu.

 Aksi saling dorong yang terjadi di pintu masuk Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut memicu kemarahan personel Satpol PP serta panitia yang berjaga di pintu masuk.

Para pelamar yang akan mengambil kartu peserta tes CPNS langsung meringsek maju meminta nomor urut antrean, padahal panitia telah memastikan semua yang datang dilayani secara bergantian.

"Pelamar yang akan mengambil kartu peserta tes CPNS formasi pendidikan membludak," jelas Sekretaris Panitia Penerimaan CPNS 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara Khairuddin.

Menurut Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut, sampai pukul 12.00 Wita, tercatat pelamar CPNS yang mengambil kartu peserta tes mencapai lebih kurang 800 orang.

Pengambilan kartu peserta tes CPNS 2018 jelas Khairuddin, dibuka sampai Jumat, 2 November 2018 mengingat pelamar CPNS Kabupaten Penajam Paser Utara cukup banyak.

"Bagi pelamar CPNS dari luar daerah dapat diwakilkan oleh keluarganya untuk mengambil kartu peserta tes dengan membawa persyaratan surat kuasa dan bukti pendaftaran melalui online,"ujarnya.

Jumlah pelamar CPNS 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara melalui secara dalam jaringan atau online mencapai 2.176 pendaftar, dengan rincian 1.299 pelamar formasi tenaga pendidik, formasi tenaga teknis 551 pendaftar dan 336 pelamar formasi tenaga kesehatan.
 
Pelamar yang telah mengambil kartu tes CPNS untuk formasi tenaga teknis sebanyak 521 dari 551 pelamar, sedangkan formasi tenaga kesehatan dari 336 pendaftar yang lulus verifikasi berkas baru 319 pelamar yang sudah mengambil kartu peserta tes CPNS.

Jumlah pendaftar CPNS tersebut jauh melebihi kuota, karena kuota CPNS 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara hanya 160 formasi terdiri dari 107 formasi tenaga pendidik atau guru, 27 formasi tenaga kesehatan dan 26 formasi untuk tenaga teknis.(*)

 

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018